Pages

Monday, March 30, 2020

DAHANA Site JRBM Ikuti Protokol Covid-19

Para karyawan PT DAHANA (Persero) yang bekerja di Site PT J Resources Bolaang Mongondow (JRBM) Bakan – Sulawesi Utara patuhi protokol Covid-19 yang diberlakukan oleh JRBM untuk menjamin Keselamatan dan Kesehatan  Kerja (K3) para karyawan yang bekerja di Site JRBM.
David Maulana, Manager Hubungan Pelanggan Divisi Tambang Umum I menyampaikan kepada Dfile, PT JRBM memberlakukan protokol Covid-19 yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI pada 17 Maret 2020. Meski begitu, pengecekan suhu tubuh para pekerja telah dilakukan sejak tanggal 12 Maret sebelumnya. Protokol ini berlaku hingga waktu yang tak ditentukan (hingga ada internal memo lebih lanjut).

“Protokol yang dilakukan oleh JRBM berupa; Melakukan kontrol suhu pada saat awal shift masuk kerja (maksimal 37,3 derajat celcius), tidak melakukan jabat tangan dengan siapapun (diganti dengan jabat tangan ala orang Turki), Physical Distancing pada saat morning briefing atau meeting dengan jarak minimum satu meter, dan penyediaan makanan dalam bentuk box kepada karyawan sebagai pengganti larangan makan di kantin,” ujar David.

Bahkan, mulai 25 Maret 2020 sudah diberlakukan lockdown sehingga tidak ada aktivitas keluar masuk site.  Setiap hari team Dahana memberikan laporan melalui aplikasi myjresources yang telah disediakan oleh PT JRBM. 

“Kami memberikan laporan karyawan setiap hari terkait suhu tubuh, apakah sedang demam, batuk, sakit tenggorokan dan lain-lain.  Pihak JRBM sendiri akan langsung memantau kondisi karyawan di site via aplikasi tersebut setiap harinya,” terang David.

Corona virus merupakan virus yang menyerang pernafasan manusia hingga mampu menyebabkan kematian.  Virus yang berawal dari penularan antar hewan ini bermutasi hingga dapat menular ke manusia dan akhirnya meluas ke seluruh dunia termasuk Indonesia serta ditetapkan sebagai Pandemi oleh WHO pada 12 Maret lalu.

Saat itu, Sulawesi Utara masih sepi dari Corona, namun kesigapan manajemen JRBM menerapkan langkah preventif merupakan cara agar para karyawan memiliki kesadaran terhadap bahaya virus ini sehingga resiko virus ini dapat dihindari dan para karyawan tetap dapat bekerja. Para karyawan juga dianjurkan melakukan cuci tangan dan menjaga imunitas tubuh agar virus tak sanggup menyerang.

PT DAHANA (Persero) memberikan layanan blasting service kepada JRBM terhitung mulai dari 2018 hingga tahun 2021, perusahaan bahan peledak ini telah melakukan pengawasan covid-19 kepada karyawannya termasuk di site JRBM. Langkah ini diambil untuk menjamin proses kerja dapat berjalan normal dan sesuai target dengan memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja para karyawan. (yz)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888