Pages

Monday, February 3, 2014

Fajar Harry Sampurno: Siapa pun dapat Menginspirasi

Fajar Harry Sampurno merupakan salah satu pemimpin perusahaan Indonesia yang sukses. Dengan usia yang masih muda, pria ini sukses menyabet gelar Chief Executive Officer (CEO) Badan Usaha milik Negara (BUMN) terbaik dalam kategori CEO Inspiratif.
Perusahaan yang dipimpinnya (Dahana-red) pun mampu dibawanya menyabet juara 3 BUMN terbaik dalam kategori industri manufaktur berdaya saing terbaik dari 63 BUMN yang dikaji oleh Tim PPM Manajemen.  Penghargaan berdaya saing terbaik tersebut meliputi BUMN sektor agrobisnis, Energi, jasa keuangan, jasa non keuangan, infrastruktur, logistik, manufaktur, implementasi good corporate governance (GCG), dan produk global.

Saat berbincang dengan dfile usai acara Anugrah BUMN 2013 bersama  Menteri BUMN, Dahlan Iskan,  pria yang akrab disapa Harry ini, mengaku bersyukur atas pencapaiannya.  Menurutnya, hal ini tak mungkin didapat apabila tidak ada koordinasi baik antara pimpinan dan pegawai.

“Dalam setiap organisasi apalagi perusahaan, tentu tidak semua karyawan harus mengetahui tentang strategi ataupun konsep manajemen apalagi strategi usaha,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, setiap karyawan harus mengetahui tujuan mereka bekerja di DAHANA dengan cara memahami dan melaksanakan “job summary” yang menguraikan tugas dan tanggungjawab pekerjaannya. Di DAHANA, antar karyawan melakukan kegiatan DBBI (Duduk Bersama Berbagi Ilmu) dengan topik yang disepakati bersama ataupun berbagi pengalaman dari hasil kursus/pelatihan “hardskill” diluar perusahaan. Hal itu lah yang membuat DAHANA bisa maju.

Menanggapi keberhasilannya dinobatkan sebagai CEO yang mampu menginspirasi karyawan, dia menjelaskan tak melulu pemimpin yang dapat memberikan inspirasi bagi karyawan akan tetapi dapat sebaliknya.

“Rasanya tidak ada kiat atau kunci untuk bisa menginspirasi orang lain termasuk karyawan,” tururnya. Ia menambahkan bahwa motivasi ataupun inspirasi hanya bisa datang dari dalam diri masing-masing orang. Namun tentu motivasi atau inspirasi itu bisa timbul karena seseorang mendapatkan informasi dan pengetahuan yang sesuai dengan keingintahuan dari orang itu sendiri.

“Jadi yang saya lakukan hanyalah secara konsisten terus membagikan informasi dan pengetahuan dan yang terpenting menjalankan apa yang saya

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888