Pages

Wednesday, April 4, 2018

Waspada Petir Di Langit DAHANA

Akhir-akhir ini hujan yang turun di langit DAHANA selain deras, hujan pun disertai angin kencang dan petir. Terakhir hujan seperti ini biasa terjadi pada siang menjelang sore hari. Seperti hujan yang turun pada Selasa (3/4/2018) sore hari.
Awan mulai gelap sejak siang hari. Sekira jam tiga sore hujan mulai turun disertai angin kencang, dan tidak lama kemudian kilatan petir dan guruh terus menggelegar. Kilatan cahaya petir nampak begitu bebas terlihat masuk gedung Kampus DAHANA yang memang hampir 75 persen gedung ini berdinding kaca.

Menurut Ajis Nurzaman, Supervisor Pemelihara dan Fasilitas Korporasi DAHANA menuturkan, area gedung yang berada di Kawasan DAHANA Subang sudah dilengkapi dengan penangkal petir, “Semua gedung di Kawasan EMC ini semuanya sudah dilengkapi dengan penangkal petir, jadi Insyaalloh aman,” terang Ajis kepada Dfile. (3/4/2018).

Namun siapa sangka, pada hujan kali ini kilatan petir menyambar salah satu lampu taman di area perkantoran PKBL DAHANA yang berada di pinggir ruas jalan raya. Selain mengakibatkan pecah lampu taman juga memecahkan kaca salah satu gedung. “Sepertinya petir menyambar tiang, lampu pecah, tanah terbongkah, terlihat kabel juga sobek. Kebetulan tiang ini berhadapan dengan gedung, terus kacanya ada yang pecah,” ungkap Ikhwana, salah seorang Security yang baru menyadari kejadian ini setelah hujan reda.

Petir adalah sebuah gejala alam yang biasa terjadi pada musim hujan. Dan nampaknya kita perlu berhati-hati dan waspada jika terjadi hujan disertai dengan petir. Berikut ini tips aman untuk menghindari sambaran petir:
•    Jika anda melihat kilat atau mendengar gelegar guruh yang berpotensi terjadinya petir segeralah masuk ke dalam bangunan yang telah dilindungi dengan penangkal petir atau masuk ke dalam kabin kendaraan.
•    Jika anda berada diluar ruangan hindarilah area terbuka luas, tempat ketinggian, lokasi berair, dekat dengan pohon, dekat dengan benda logam, dan segeralah masuk ke dalam bangunan atau masuk ke dalam kabin kendaraan. Segera matikan handphone, Radio HT.
•    Jika tempat berlindung tidak diperoleh, anda harus jongkok dengan kedua tangan menutup telinga.
•    Pakailah sepatu yang tidak bocor, dengan kaos kaki kondisi kering, agar terhindar dari hantaran listrik.
•    Hindari berdiri bergerombol, buatlah jarak antar orang sekitar lima (5) meter.
•    Jika anda berada dalam ruangan kantor hindarilah dekat pintu dan jendela, tempat berair, matikan barang elektronik seperti televisi, radio, dll.
•    Jika ada korban akibat terkena sambaran petir segera tangani dengan tatacara P3K, jauhkan dari barang yang bermuatan listrik, segera hubungi emergency response.(*)

(SYA)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888