Pages

Wednesday, April 4, 2018

Caca, Mantan Duta DAHANA yang Kini Menjadi Senior Staff Hubungan Pelanggan DTM

Chandra Deasy Kusuma Wardani atau yang akrab dipanggil Caca kini dipercaya PT DAHANA (Persero) sebagai Senior Staff Hubungan Pelanggan Divisi Tambang Umum (DTU). Caca meniti karir di perusahaan plat merah yang bergerak di bidang bahan peledak melalui jalur Management Trainee (MT), sebelum mendapat amanah baru, Caca sempat menjadi Senior Staff K3LH selama 2 tahun 7 bulan.
Pada Dfile, perempuan yang pernah terpilih sebagai Duta BUMN 2016 dari DAHANA mengatakan bahwa posisi baru yang didudukinya lebih menantang.  Pasalnya, Caca yang biasanya menghadapi benda mati layaknya membuat bahan peledak di laboratorium kini harus berhadapan lebih banyak dengan manusia.

“Sekarang yang saya hadapi adalah manusia yang punya akal pikiran dan keinginan masing-masing sehingga cukup sulit apabila ingin membuat mereka memahami maksud saya,” ujar Caca.
Bagi perempuan kelahiran Trenggalek, Jawa Timur ini, segala hal memiliki sisi positif dan negatif.  Di posisinya yang lama Caca tidak terlalu sering mengasah kemampuan komunikasi karena yang dihadapinya adalah pekerjaan dengan bahan peledak.

“Di posisi saya yang lama, hal terpenting untuk dilakukan adalah fokus dan safety first, yang dihadapi merupakan masalah hasil riset yang kurang sesuai dengan target.  Lalu mencari solusi untuk reformulasi komposisi agar menghasilkan performa yang sesuai target,” tambahnya.

Sementara itu, di posisi barunya, Caca tidak lagi berkutat dengan bahan baku dan membuat bahan peledak dengan tangannya sendiri.  Namun Caca harus menghadapi permasalahan yang lebih luas scopenya, tidak hanya masalah teknis, namun juga non teknis seperti negosiasi, komersial, perizinan, dan lain-lain.

Dalam proses adaptasi di lingkungan baru, perempuan yang hobi memasak sejak nikah ini menjelaskan pada Dfile “Pada dasarnya saya termasuk orang yang bisa kenalan dengan orang baru hanya pada hitungan menit (sok kenal sok dekat bisa juga dilakukan dikondisi-kondisi tertentu).   Jadi ya itu juga yang saya lakukan saat dipindahkan ke posisi yang baru ini, tanya ke temen-temen yang lebih dulu masuk dan senior tentang pekerjaan apa yang akan dilakukan.”

Terakhir Caca menyampaikan bahwa hal yang dia sukai di posisi barunya adalah dia bisa belajar banyak hal baru. Contohnya, tentang bagaimana proses impor bahan peledak, berkomunikasi dengan klien, bernegosiasi dan belajar cepat beradaptasi karena dinamika yang cukup tinggi mengingat scope kerja yang luas, dan juga bisa lebih dekat dengan keluarga,”pungkasnya.

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888