Pages

Wednesday, September 27, 2017

Miniplant Kebakaran, Karyawan DAHANA Berlarian



Sirine di perkantoran Kampus DAHANA Subang terus meraung-raung, pada mulanya para karyawan belum begitu menanggapinya, dikira hanya ada gangguan.  Namun dalam kurun 1 menit sirine belum juga berhenti, tiba-tiba dari pengeras suara terdengar suara peringatan.  Di area DAHANA telah terjadi kecelakaan tidak terkendali, miniplant di ring 1  mengalami kebakaran. Karyawan diminta untuk mengamankan diri.

Tiba-tiba karyawan berhamburan berlarian keluar gedung, menyelamatkan diri menuju muster point. Disini mereka berkumpul, menunggu perintah berikutnya. Suara sirine di setiap gedung masih juga belum berhenti, pertanda kebakaran masih terjadi.

Sementara di tempat kejadian, tim Pemadam Kebakaran DAHANA terus berusaha memadamkan api. Tim pengamanan nampak berjaga-jaga di pintu ring  1 sambil melaporkan situasi melalui saluran radio.  Tidak memakan waktu lama, akhirnya tim pemadam kebakaran mampu menaklukan si jago merah. Tim pengamanan melalui pesawat radio melaporkan situasi akhirnya bisa terkendali.

Dilaporkan, sebelumnya pun telah terjadi sebuah insiden kecelakaan kerja di gedung labolatorium DAHANA.   Salah seorang karyawan DAHANA, Deasy Chandra, mengalami kecelakaan kerja, kening kepala sebelah kanannya berdarah, diduga terbentur tembok.   Beruntung ia ditemukan oleh rekan kerjanya. Koordinator Labolatorium dengan segera memanggil bantuan tim medis DAHANA.

Kedua Insiden tersebut terjadi di hari yang sama, Rabu (20/9), dengan rentang waktu menit yang tidak berjauhan. Dan teryata ini bukanlah kejadian nyata atau sebenarnya. Peristiwa ini adalah bagian dari kegiatan simulasi keadaan darurat yang dirancang oleh bagian K3LH EMC DAHANA.
“Ini bukan kejadian kenyataan, ini hanya sebuah simulasi keadaan darurat saja,” terang Danny Armeidian, Senior Staff K3LH & Teknology kepada Dfile.

Kegiatan simulasi, terang Danny adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukannya, untuk melatih tim penanggulangan bencana dan memberikan pembelajaran peringatan dini kepada seluruh karyawan. Setiap kegiatan simulasi seperti ini, biasanya direncanakan secara rahasia, hanya sedikit yang tahu akan rencana kegiatan, “Peristiwa memang dirancang, begitu pun tim sudah disiapkan, tapi tidak semua karyawan tahu, jadi kesannya seperti beneran,” pungkas Danny kepada. (SYA)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888