Pages

Wednesday, August 2, 2017

Ketika Juru Ledak Mengunjungi Pabrik Bahan Peledak



Menjadi agenda rutin, dalam Pelatihan Kursus Juru Ledak (KJL) yang digelar oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Geologi Mineral dan Batubara (Geominerba) Kementerian ESDM, selalu mengagendakan kunjungan ke perusahaan penghasil bahan peledak milik negara, PT DAHANA (Persero).

Peserta KJL  diajak untuk bertandang ke kawasan Energetic Material Center (EMC) PT DAHANA (Persero) yang berlokasi di Jl. Raya Subang – Cikamurang Km. 12, Cibogo, Kabupaten Subang. Seperti yang dilakukan pada Senin, 1 Agustus 2017.  Sebanyak 27 orang perserta KJL kelas 1 PPSDM Geominerba, hadir di Kampus DAHANA.

Kiansantang, salah satu instruktur yang ikut mendampingi peserta mengutarakan bahwa kunjungannya ke DAHANA sebagai bagian untuk mendukung industri bahan peledak dalam negeri, dimana DAHANA merupakan salah satu perusahaan plat merah penghasil bahan peledak komersil yang biasa digunakan di bidang pertambangan.

“Mudah-mudahan  tidak bosan-bosannya dengan kedatangan kami, karena kami akan selalu mengajak peserta KJL ke DAHANA, untuk ikut mempromosikan DAHANA perusahaan bahan peledak kebanggaan bangsa,” ujar Kiansantang pada saat memberikan sambutannya di Gedung Diklat DAHANA, Subang. (1/8/2017).

Sebagai pemateri utama, langsung oleh Kepala Energetic Material Center (EMC)  Asep Maskandar yang juga sebelumnya menjadi pemateri pada KJL kelas 1 di Bandung. Kedatangan peserta KJL ke DAHANA ini merupakan bagian dari tindak lanjut pengenalan peserta terhadap DAHANA.

“Kemarin, untuk materi sudah sepenuhnya diberikan di kelas.   Saat ini di DAHANA lebih banyak dilapangan, melihat langsung proses produksi bahan peledak,” ujar Asep Maskandar saat menyambut kedatangan peserta KJL.

Peserta yang berasal utusan beberapa perusahaan tambang ini pun, diajak meninjau fasilitas produksi DAHANA di area ring 1, seperti pabrik Pentolite Booster, Pabrik Detonator Non Elektrik, Pabrik Cartridge Emulsion (CE), serta melihat proses peledakan uji mutu bahan peledak yang dilakukan di bunker uji mutu. (SYA)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888