Dalam
kampanyenya,
Presiden Jokowi berjanji untuk menghadirkan kembali negara untuk melindungi
segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga Negara.
Hal ini membuat pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola
yang bersih, efektif, demokratis serta terpercaya. Maka dibuatlah suatu sistem
pengelolaan pengaduan untuk mengawal akuntabilitas pemerintahan yang dinamakan
Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!).
Gambaran
pelayanan publik yang selama ini terkesan lambat bahkan tidak hadir dalam
kehidupan rakyat, kini mulai dibenahi. Masyarakat bisa langsung mengadukan
hal-hal terkait pelayanan pemerintah terhadap warga melalui portal lapor.go.id,
aplikasi Lapor (Apple Store, Google Play, dan Blackberry) dan Twitter.
Kemudahan
pelaporan pelayanan pemerintah diharapkan dapat meningkatkan partisipasi
masyarakat secara luas, karena itu merupakan kunci bagi pelayanan pemerintahan
yang akuntabel. Aplikasi Lapor juga dibuat dan terus dikembangkan sebagai sistem
yang user-friendly.
Sistem
pelayanan publik ini digawangi oleh 3 institusi pemerintahan yakni, Kantor Staf
Kepresidenan (KSP), Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara, dan Ombudsman
Republik Indonesia. Melalui MoU yang dilakukan pada 2016, dalam rencananya pada
tahun 2017 ini, Lapor sudah bisa dilaksanakan di seluruh Kementerian,
Lembaga-lembaga, dan Pemerintahan Daerah.
PT DAHANA
(Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara pun turut dalam program lapor yang
diawasi langsung oleh Presiden dan menteri-menterinya. Ada dua admin yang siap
menjawab dan menyampaikan aduan masyarakat di PT DAHANA (Persero).
“Iya, ada
dua admin pada setiap Kementerian, Lembaga, dan Badan Negara, DAHANA sudah
melaksanakan sistem Lapor”, terang Della Delvia, Bagian Humas DAHANA.
Kemudian
pada sistem Lapor ada mekanisme yang menjelaskan bahwa pengaduan itu belum,
sedang, atau telah diselesaikan. Warna merah menggambarkan bahwa pengaduan
tersebut telah masuk ke pihak berwenang, warna kuning menandakan bahwa
pengaduan itu sedang dalam proses penyelesaian, dan warna hijau menandakan
bahwa pengaduan tersebut sudah diselesaikan. (YZ)
No comments:
Post a Comment