Pages

Monday, July 31, 2017

DAHANA Mendukung Program LAPOR



Dalam kampanyenya, Presiden Jokowi berjanji untuk menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga Negara. Hal ini membuat pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola yang bersih, efektif, demokratis serta terpercaya. Maka dibuatlah suatu sistem pengelolaan pengaduan untuk mengawal akuntabilitas pemerintahan yang dinamakan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!).

Gambaran pelayanan publik yang selama ini terkesan lambat bahkan tidak hadir dalam kehidupan rakyat, kini mulai dibenahi. Masyarakat bisa langsung mengadukan hal-hal terkait pelayanan pemerintah terhadap warga melalui portal lapor.go.id, aplikasi Lapor (Apple Store, Google Play, dan Blackberry) dan Twitter.

Kemudahan pelaporan pelayanan pemerintah diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat secara luas, karena itu merupakan kunci bagi pelayanan pemerintahan yang akuntabel. Aplikasi Lapor juga dibuat dan terus dikembangkan sebagai sistem yang user-friendly.  

Sistem pelayanan publik ini digawangi oleh 3 institusi pemerintahan yakni, Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara, dan Ombudsman Republik Indonesia. Melalui MoU yang dilakukan pada 2016, dalam rencananya pada tahun 2017 ini, Lapor sudah bisa dilaksanakan di seluruh Kementerian, Lembaga-lembaga, dan Pemerintahan Daerah.

PT DAHANA (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara pun turut dalam program lapor yang diawasi langsung oleh Presiden dan menteri-menterinya. Ada dua admin yang siap menjawab dan menyampaikan aduan masyarakat di PT DAHANA (Persero).
“Iya, ada dua admin pada setiap Kementerian, Lembaga, dan Badan Negara, DAHANA sudah melaksanakan sistem Lapor”, terang Della Delvia, Bagian Humas DAHANA.

Kemudian pada sistem Lapor ada mekanisme yang menjelaskan bahwa pengaduan itu belum, sedang, atau telah diselesaikan. Warna merah menggambarkan bahwa pengaduan tersebut telah masuk ke pihak berwenang, warna kuning menandakan bahwa pengaduan itu sedang dalam proses penyelesaian, dan warna hijau menandakan bahwa pengaduan tersebut sudah diselesaikan. (YZ)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888