Pages

Monday, July 31, 2017

Kurangi Angka Kematian Ibu Dengan Pemeriksan Iva Test



Ida Ismali Nasution, Wakil Ketua 2 Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Mitra Ria Husada, menuturkan seorang ibu harus mampu menjaga kesehatannya, karena ia dihantui dengan potensi bahaya kesehatan, salah satunya yaitu kanker Servix.

Saat ini kanker leher rahim ini menjadi kanker terbanyak pada wanita Indonesia yaitu sekitar 34% dari seluruh kanker pada perempuan, 48 juta perempuan Indonesia dalam risiko mendapat kanker leher rahim.

Menurutnya untuk mengurangi kejadian-kejadian ini maka dapat dilakukan program pencegahan-pencegahan seperti deteksi dini, namun hal ini masih jarang dilakukan khususnya di negara berkembang karena pengetahuan tentang kanker rahim dan kesadaran akan kesehatan masih kurang.

“Masih banyak wanita yang enggan untuk memeriksa diri, di daerah perkotaan saja masih banyak, apa lagi di daerah-daerah atau di kampung-kampung,” terang Ida kepada Dfile. Sabtu (22/7/2017).

Karenanya, pihaknya, para dosen STIKes MRH yang tengah melakukan pengabdian kepada masyarakat di Desa Cigugur Kidul, Pusaka Jaya, Subang, menggelar penyuluhan kesehatan untuk ibu-ibu tentang bahaya kanker servix.  Sekitar 40 orang ibu warga Desa Cigugur Kidul yang ikut serta dalam penyuluhan ini.

Diantaranya Mashiri (34), ia sebelumnya tidak begitu mengetahui bahaya kanker servix, “Saya baru tahu, ternyata wanita rentan kena sakit kanker servix,” tutur Mashiri.

Mashiri, kini sedikitnya mengetahui penyakit berbahaya ini, karenanya ia pun mau untuk ikut dalam pemeriksaan Iva test, sebagai deteksi diri terhadap penyakit kanker Servix.
“Tadi sudah ikut diperiksa, katanya nanti diperiksa lagi tahun depan, satu tahun sekali,” ujar Mashiri.

Lebih lanjut Ida, mengungkapkan, kegiatan penyuluhan pencegahan kanker servix ini adalah program nasional, untuk mengurai angka kematian pada ibu. Kali ini, terang Ida, kegiatan yang tengah digelarnya ini bisa sukses terlaksana karena  bekerja sama dengan PT DAHANA (Persero).

“Program kesehatan ibu dan anak kali ini, kami dibantu oleh program CSR-nya DAHANA, khususnya JODD DAHANA,” terang Ida. (Sya)



No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888