Pages

Monday, July 31, 2017

Ketika Mahasiswa UBB Berkenalan dengan DAHANA



Pintu Kampus PT DAHANA (Persero) Subang baru saja dibuka, satu jam sebelum jam masuk kerja dimulai. Namun pada Jumat (21/7) pagi, halaman depan Kampus DAHANA sudah ramai dengan puluhan orang, mereka baru saja turun dari bus, tak lama kemudian memasuki gedung Sekretariat DAHANA.

 Sejenak mereka duduk santai di sofa hitam, sebagian lagi mengamati ruangan, menunggu orang DAHANA menyambutnya. Bagi mereka, ini pertama kalinya menginjakan kaki di salah satu gedung perusahan plat merah penghasil bahan peledak. 

Rombongan yang nampak muda dan energik ini adalah, tamu jauh dari Kepulauan Bangka Belitung,   Mereka adalah mahasiswa Teknik Pertambangan Universitas Bangka Belitung (UBB). Berseragam baju berwarna krem, lima puluh mahasiswa tingkat tiga ini tengah melakukan program Kuliah Kerja Lapangan (KKL), berkunjung kebeberapa perusahaan yang berada disekitaran Jawa Barat.

“Sudah beberapa hari kita di Jawa Barat, berkunjung ke beberapa lokasi, dan kunjungan terakhir kami yaitu ke DAHANA,” terang Guskarnali, Dosen pendamping mahasiswa. (21/7/2017).

Jam kerja pun tiba, akhirnya rombongan disambut dan diterima langsung oleh salah satu perwakilan Humas DAHANA. Seperti kebanyakan tamu kunjungan lainnya, mereka pun diperkenalkan secara singkat kawasan Energetic Material Center (EMC).

Mereka nampak antusias mengorek lebih banyak tentang lingkungan DAHANA, yang tidak menggambarkan suasana seram sebagai sebuah kawasan pabrik pembuat bahan peledak. Terpampang dalam maket kawasan EMC DAHANA, Subang, lebih terlihat asri dan hijau, dipenuhi pepohonan.

Diperkenalkan juga dengan produk-produk DAHANA, baik bahan peledak komersil maupun militer, tidak jarang mereka memberikan applause, saat mendengar penjelasan keunggulan produk bahan peledak buatan dalam negeri.

“Kita tahu, Indonesia itu memiliki pesawat Sukhoi, tapi siapa yang tahu, ketika membeli dari luar tidak dengan bom-nya, nah, disinlah, bom itu dibuat namanya bom P 100 Live,” papar Fajar Pratama yang tengah memperkenalkan DAHANA kepada mahasiswa. 

Kemudian, rombongan pun diajak memasuki gedung Diklat, untuk lebih rinci mengenal DAHANA, beberapa materi pun disampaikan kepada mereka, baik terkait keterlibatan mahasiswa untuk kerja praktek maupun penelitian, serta pengenalan teori peledakan di pertambangan. (SYA).

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888