Rekor
3.000.000 Jam Non LTI (Lost Time Injury)
Bagi para pekerja di dunia pertambangan,
keselamatan dan kesehatan dalam bekerja adalah aspek penting yang wajib
diperhatikan dalam aktifitas pekerjaannya. Apabila terjadi sebuah kecelakaan,
selain dapat mengakibatkan kerugian pada pekerja yang bersangkutan,
otomatis berimbas pula pada kelangsungan
proses pekerjaan tersebut. Dalam hal
ini, Non LTI dapat diwujudkan dengan memperhatikan fungsi serta tujuan dari
keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pada suatu perusahaan.
Keselamatan kerja bukan hanya tanggungjawab
perusahaan tetapi semua pekerja yang terlibat. Hal ini akan terwujud apabila
adanya kesadaran pekerja tentang pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja,
disisi lain hubungan sosial antar pekerja untuk saling mengingatkan agar tetap
waspada pada saat bekerja.
Menjalani sebuah pekerjaan tanpa kecelakaan
kerja yang berakibat cidera terbukti mampu diwujudkan oleh karyawan PT DAHANA
(Persero) Divisi Tambang Umum 1 (DTU 1)di project tambang emas milik PT
Kasongan Bumi Kencana sektor Mirah- Kalimantan Tengah. Capaian prestasi ini pada akhirnya
membuahkan suatu kebanggaan untuk insan DAHANA dengan pemberian penghargaaan
dari pihak KBK yang berhasil mempertahankan kinerja Non LTI selama 3(tiga) juta jam kerja.
Penghargaan ini diserahkan langsung oleh
General Manager PT Kasongan Bumi Kencana David Roberto pada 24/2/17.
Bertempat di areal workshop Dahana depan gudang bahan peledak KBK -
Mirah Project, penghargaan ini diterima langsung oleh Direktur Operasi PT DAHANA (Persero) Bambang Agung.
General Manager KBK David Roberto
mengungkapkan rasa optimisnya kepada DAHANA akan mampu melampaui target
berikutnya, yaitu 8juta Non LTI. Ia juga
berharap DAHANA yang sejauh ini sudah baik kedepan akan jauh lebih baik lagi
secara performa dengan kualitas
manajemen yang profesional.
“Dengan semangat nasionalisme di dadaku saya
ingin melihat DAHANA sebagai BUMN maju lebih jauh leading didepan dan
berkembang besar sehingga mampu berkompetisi di kancah global,” ungkap David
berharap.
Dalam sambutannya, Bambang Agung mengatakan,
“KBK adalah customer yang besar dan salah satu kontributor pencapaian sales
DAHANA yang cukup besar pula. 12,7% dari penjualan seluruh produk DAHANA
dihasilkan dari sini”, ungkapnya.
Lebih jauh Bambang menyampaikan “Disini kita juga banyak belajar improvisasi
untuk pekerjaan kegiatan Drilling and Blasting.
Sebagai manajemen kita akan memberikan beban penuh di lapangan untuk
selalu memberikan out put pencapaian target kepada customer, dan DAHANA
berjanji akan tetap concern terhadap
keselamatan dan keamanan kerja”,jelas Bambang
mengungkapkan. (aan)
No comments:
Post a Comment