Tidaklah
mudah membangun dan mempertahankan kepercayan konsumen. Sering kali kita mendengar istilah ‘konsumen loyal’ untuk menyebut salah satu
konsumen yang diantaranya konsumen terbilang cukup lama dan percaya kepada
kita. Seperti halnya dengan PT DAHANA (Persero)
yang juga memiliki banyak loyal customer.
Sebut saja,
diantaranya yakni PT Mega Prima Persada (MPP). Hal
ini seperti diutarakan oleh Andri Setiawan
Krisnaya, Asisten Manajer Hubungan Pelanggan Divisi Tambang Umum 1 kepada Dfile.
“MPP ini
termasuk loyal customer, yang bulan
ini kontraknya habis dan sudah diperpanjang dengan menunjuk
kembali PT DAHANA
(Persero) sebagai mitranya,” ujar Andri disela-sela mendampingi Ipin Ruhyat, Departement Head Engineering PT MPP yang melakukan kegiatan EMC Visit,
pada 3 Mei 2017.
PT Mega
Prima Persada (MPP) adalah salah satu perusahaan tambang batu bara yang menjadi
konsumen DAHANA dalam Blasting Service. Penggunaan jasa peledakan oleh DAHANA di site MPP yang belokasi di Loa Kulu, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, sudah sejak tahun
2011.
Perjalanan
tujuh tahun di Loa Kulu, bukanlah waktu yang sebentar. Ini tentang bagaimana membangun dan mempertahankan sebuah
kepercayaan di tengah persaingan kompetitor lain. Menurut
Sudirjo Heru, Senior Manajer
Operasi Divisi
Tambang Umum 1 menerangkan perjalanan DAHANA
bersama PT MPP.
“Jika saja
diberi judul, perjalanan DAHANA dan MPP, maka judulnya adalah kepercayaan yang teruji,” kata Sudirjo Heru sambil tersenyum.
Bagaimana
tidak, sejak mengawali kontraknya pada 2011, DAHANA
sudah menanamkan kepercayaan kepada konsumen dengan melayani yang terbaik.
Bermula
dengan kontrak di 2011, DAHANA bekerjasama dengan PT MEGA GLOBAL ENERGY (MGE) yang dikemudian hari
diusahakan atas nama PT MPP, dengan
masa kontrak Blasting Service selama
24 bulan.
“Pada 2013 kita kembali dipercaya untuk mengerjakan blasting services
dengan periode dua tahun hingga 2015,” ungkap Sudirjo Heru.
Pada 16 Maret 2017, terang Heru, PT
MPP resmi mengeluarkan Request For
Proposal Tender, Possible partner for Overburden Blasting, yang diikuti
juga oleh beberapa
perusahaan kompetitor DAHANA,
untuk menentukan kontrak dua tahun kedepan.
DAHANA memenuhi seluruh tahapan tender, termasuk site visit dan diskusi bersama Jajaran Management MPP, “Semua
proses tender ini kita ikuti, proses negosiasi secara komprehensif kami lakukan
terkait aspek technical, safety, security, dan juga ekonomi,” terang Heru.
Dilain sisi,
terang Heru, keputusan akhir dari proses
tender, MPP menyampaikan bahwa penilaian tidak hanya soal harga tetapi
melingkupi semua aspek diantaranya perfomance ,
technical, safety dan jaminan
keamanan legal dan supply handak.
“DAHANA tetap memberikan penawaran terbaik untuk setiap aspek
kepada MPP. Hal ini untuk tetap
dapat mendukung kerjasama yang terjalin sudah cukup lama,” ujarnya.
Hingga akhirnya pada akhir Maret 2017, Research &
Development Manager PT MPP
mengeluarkan pengumuman pemenang tender pengerjaan Blasting Service, “Alhamdulillah, DAHANA kembali dipecaya, ini
adalah periode kontrak keempat kalinya dengan MPP,” kata Heru.
Dalam
pengerjaan blasting service, DAHANA berupaya memenuhi
target yang diinginkan oleh MPP sebagaimana yang tertuang dalam kontraknya,
“Tahun 2016, Aktual rata rata blasted volume
site MPP 1.331.863 BCM per bulan, total
di tahun 2016 adalah 15. 982.356 BCM, dan kali ini, Dahana mempersiapkan
support hingga di atas volume 2 juta per bulan sesuai dengan komitmen yang
dibangun dengan MPP” pungkasnya. (SYA)
No comments:
Post a Comment