Pages

Wednesday, May 31, 2017

Kepercayaan Yang Teruji



Tidaklah mudah membangun dan mempertahankan kepercayan konsumen. Sering kali kita mendengar istilah ‘konsumen loyal’ untuk menyebut salah satu konsumen yang diantaranya konsumen terbilang cukup lama dan percaya kepada kita.  Seperti halnya dengan PT DAHANA (Persero) yang juga memiliki banyak loyal customer.

Sebut saja, diantaranya yakni PT Mega Prima Persada (MPP).   Hal ini seperti diutarakan oleh Andri Setiawan Krisnaya, Asisten Manajer Hubungan Pelanggan Divisi Tambang Umum 1 kepada Dfile.   
“MPP ini termasuk  loyal customer,  yang bulan ini kontraknya habis dan sudah diperpanjang dengan menunjuk kembali PT DAHANA (Persero) sebagai mitranya,” ujar Andri disela-sela mendampingi Ipin Ruhyat, Departement Head Engineering PT MPP  yang melakukan kegiatan EMC Visit, pada 3 Mei 2017.

PT Mega Prima Persada (MPP) adalah salah satu perusahaan tambang batu bara yang menjadi konsumen DAHANA dalam Blasting Service.  Penggunaan jasa peledakan oleh DAHANA  di site MPP yang belokasi di Loa Kulu, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, sudah sejak tahun 2011.

Perjalanan tujuh tahun di Loa Kulu, bukanlah waktu yang sebentar.  Ini tentang bagaimana membangun dan mempertahankan sebuah kepercayaan di tengah persaingan kompetitor lain. Menurut  Sudirjo Heru, Senior Manajer Operasi Divisi Tambang Umum 1 menerangkan perjalanan DAHANA bersama PT MPP.

“Jika saja diberi judul, perjalanan DAHANA dan MPP, maka judulnya adalah kepercayaan yang teruji,” kata Sudirjo Heru sambil tersenyum.

Bagaimana tidak, sejak mengawali kontraknya pada 2011, DAHANA sudah menanamkan kepercayaan kepada konsumen  dengan melayani yang terbaik. Bermula dengan kontrak di 2011, DAHANA bekerjasama dengan  PT MEGA GLOBAL ENERGY (MGE) yang dikemudian hari diusahakan atas nama PT MPP, dengan masa kontrak Blasting Service selama 24 bulan.

Pada 2013 kita kembali dipercaya untuk mengerjakan blasting services dengan periode dua tahun hingga 2015,” ungkap Sudirjo Heru.

Pada 16 Maret 2017,  terang Heru, PT MPP resmi mengeluarkan Request For Proposal Tender, Possible partner for Overburden Blasting, yang diikuti juga oleh beberapa perusahaan kompetitor DAHANA, untuk menentukan kontrak dua tahun kedepan.

DAHANA memenuhi seluruh tahapan tender, termasuk site visit dan diskusi bersama Jajaran Management MPP, “Semua proses tender ini kita ikuti, proses negosiasi secara komprehensif kami lakukan terkait aspek technical,  safety, security, dan juga ekonomi,” terang Heru.

Dilain sisi, terang Heru,  keputusan akhir dari proses tender, MPP menyampaikan bahwa penilaian tidak hanya soal harga tetapi melingkupi semua aspek diantaranya perfomance ,  technical,  safety dan jaminan keamanan legal dan supply handak.

DAHANA tetap memberikan penawaran terbaik untuk setiap aspek kepada MPP.  Hal ini untuk tetap dapat mendukung kerjasama yang terjalin sudah cukup lama,” ujarnya.

Hingga akhirnya pada akhir Maret 2017, Research & Development Manager PT MPP mengeluarkan pengumuman pemenang tender pengerjaan Blasting Service, “Alhamdulillah, DAHANA kembali dipecaya, ini adalah periode kontrak keempat kalinya dengan MPP,” kata Heru.

Dalam pengerjaan blasting service, DAHANA berupaya memenuhi target yang diinginkan oleh MPP sebagaimana yang tertuang dalam kontraknya, “Tahun 2016, Aktual rata rata blasted volume site MPP 1.331.863 BCM per bulan,  total di tahun 2016 adalah 15. 982.356 BCM, dan kali ini, Dahana mempersiapkan support hingga di atas volume 2 juta per bulan sesuai dengan komitmen yang dibangun dengan MPP” pungkasnya. (SYA)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888