Demi memenuhi Peta
Jalan (roadmap) BUMN 2015-2019 yang telah ditetapkan Kementerian BUMN, sebanyak
enam Badan Usaha Milik negara Industri Strategis (BUMNIS) yang tergabung dalam
kluster National Defence and Hightech Industry (NDHI) bersepakat untuk mencapai
target penjualan secara bersama.
“Jualan bareng ini sesuai dengan Roadmap BUMN
2015-2019 yang telah ditetapkan Kementerian BUMN untuk bisa bersinergi,” ucap
Ketua Konsolidasi BUMNIS INDONESIA Mamat Ruhimat, di sela konsolidasi di Kantor
Pusat PT INTI (Persero), Jumat (28/04).
Pada tahun ini,
enam perusahaan kluster NDHI ini terdiri dari PT DAHANA (Persero), PT
Dirgantara Indonesia (Persero), PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero),
PT Industri Nuklir Indonesia (Persero), PT Len Industri (Persero), serta PT
Pindad (Persero) ini sepakat mengejar target penjualan melalui Indonesia and
Business Development Expo (IBD) dan RiTech Expo 2017. Dua perhelatan besar yang
diadakan pada Agustus dan September 2017 akan menjadi ‘gong’ sinergi pemasaran
NDHI dan ajang untuk mengekspos BUMNIS INDONESIA kluster NDHI yang resmi
dibentuk 22 November 2015 silam pada momen Focus Group Discussion (FGD) Menteri
BUMN dengan Direktur Utama seluruh BUMN.
Bahkan, untuk
memperluas pasar, dua BUMN NDHI yaitu PT Dirgantara Indonesia (Persero) dan PT
Pindad (Persero) serta PT PAL Indonesia dari kluster National Shipbuilding and
Heavy Industry (NSHI) membuka booth dalam pagelaran MAST Asia 2017 yang dihelat
di Tokyo, Jepang pada medio Juni 2017 ini.
Konsolidasi ini pun
tidak hanya menjadi ajang untuk mengejar target penjualan, tapi juga
penggodogan sejumlah kesepakatan untuk bersinergi dalam melakukan publikasi
bersama. Publikasi yang telah berjalan di antaranya media sosial Twitter,
Facebook, Youtube, dan Instagram yang membawa bendera NDHI BUMN. Publikasi
bersama ini juga akan dilanjutkan dengan launching website dan E-Bulletin NDHI
pada IBD Expo.
Menurut Mamat, konsep publikasi ini dilakukan sebagai jalan
memperkokoh agenda sinergi BUMN, sekaligus menggali kompetensi masing-masing
perusahaan. ”Targetnya, publikasi bersama ini memberikan peluang kolaborasi
antar-BUMNIS atau partner BUMNIS lainnya. Apabila masyarakat ingin lebih tahu
tentang NDHI kami persilahkan untuk dapat mengikuti atau follow media sosial
NDHI" tambahnya.
No comments:
Post a Comment