Pages

Tuesday, February 14, 2017

Menaklukkan Jeram Sungai Ciwulan Tasikmalaya



Rangkaian kegiatan dalam RAKER Penjabaran RKAP 2017 PT DAHANA (Persero) yang dihelat pada 30 – 31 Januari 2017 di Tasikmalaya adalah arung jeram.   Selepas sarapan pagi di hotel Horison,  peserta dijemput dua mobil truk biru milik TNI Angkatan Udara.  Direksi, pejabat eselon 1,2 dan 3, jadi satu berbaur bersama menaiki truk TNI AU menuju lokasi arung jeram.

Bertolak dari titik start di aliran sungai Ciwulan, Desa Leuwiliang, Kawalu Tasikmalaya, peserta yang berseragam kaos warna hitam ini menaiki perahu karet.  Begitu perahu melaju, perjalananan menantang pun dimulai. Teriakan kegembiraan sekaligus kecemasan terliat jelas dari gestur peserta saat perahu melewati gelombang air Ciwulan yang lumayan tinggi.

Pada kegiatan yang memacu adrenalin ini, peserta tampak bersemangat dan kompak  mengontrol dan mendayung perahu agar  tetap melaju dan tidak terbalik. Perjalanan panjang menyusuri Sungai Ciwulan ini ternyata cukup menguras tenaga, pada akhirnya di tengah perjalanan pemandu  mengajak peserta untuk beristirahat di tepi sungai.  Disini, panitia telah menyediakan makanan dan minuman panas, untuk menghangatkan badan yang basah kuyup oleh air Ciwulan.

Saat tengah melakukan istirahat, peserta ditantang untuk melakukan aktifitas yang lebih menantang, memacu adrenalin, yaitu melompat dari tebing dengan ketinggian 5 meter di tepian sungai Ciwulan. Peserta pun satu persatu tertantang untuk melompat, meski awalnya ada beberapa yang sempat ragu untuk terjun, namun akhirnya memberanikan diri melompat. Berbagai macam ekpresi yang nampak terlihat dari raut mukanya saat mereka terjun pada tebing yang terdapat spanduk bertuliskan “ I Dare You to Jump!”.

Selepas melakukan istirahat dan melompat dari tebing, peserta pun melanjutkan perjalanannya untuk menaklukan gelombang air sungai Ciwulan. Hingga pada akhirnya tibalah perahu merapat ke Finish di tepi dermaga sungai dekat jebatan Sukaraja. Terlihat raut wajah sumringah, petualangan yang hampir memakan waktu hampir 3 jam pun telah usai, tepat di tengah hari.

Kegiatan arum jeram ternyata tidak semata-mata kegiatan wisata, dalam kaitan dengan kegiatan Raker RKAP 2017, arum jeram adalah bagian dari simulasi bagaimana menjalankan roda perusahaan. Seperti yang diungkapkan oleh Wildan Widarman, Ketua Panitia Raker RKAP 2017. Perahu karet rafting diibaratkan sebuah perusahaan, penumpangnya adalah karyawannya, dan gelombang sungai yaitu tantangan dan hambatan yang harus dilewati.

“Banyak hikmah yang bisa kita dapatkan dari melakukan arung jeram dan lompat tebing, salah satu hikmah yang perlu diambil yaitu kekompakan, bekerjasama, berani mengambil keputusan, dan percaya diri. Semangat inilah yang mudah-mudahan bisa mengawali Raker RKAP 2017,” terangnya.
Wildan pun menambahkan, ketika berarung jeram tentunya setiap perahu ada pemimpinnya, jika melihat pada kegaitan rafting kali ini maka pemandulah pemimpin dan pemberi arahan bagaimana laju perahu dijalankan. Pemandu inilah yang mengetahui bagaimana aliran sungai, dan bagaimana cara menaklukkan gelombang yang ada. Setiap arahan pemandu tentunya sangat perlu diikuti, pemandu akan mengarahkan kapan kita harus mendayung, dan kapan kita berputar arah. Jika saja kita enggan melaksanakan arahan, bisa saja perahu terbalik dan semua penumpang terseret derasnya arus sungai.

Begitupun dalam perusahaan, Pemandu diibaratkan sebagai leader yang visoner mengetahui seluk beluk visi misi perusahaan kedepan, mengetahui seluk beluk bagaimana bisnis yang akan dijalankan, “Sama halnya dengan berarung jeram, instruksi dan arahan pimpinan perlu diikuti oleh yang lainnya. Perusahaan adalah perahu yang perlu arahan bagaimana dijalankan. Jika saja penumpangnya tidak mengikuti arahan pimpinan, bisa kandas semua harapan perusahaan,” pesan Wildan.

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888