Pages

Monday, November 28, 2016

Meningkatkan Kemampuan untuk Persaingan Global



Human Capital, tidak bisa dianggap sepele. Sebagai sumber daya, segala potensi yang dimiliki tentunya perlu dipupuk, pelihara serta dikembangkan untuk menjadi lebih unggul.  Perusahaan sebesar apapun jika SDM-nya tidak mampu berkembang untuk menghadapi perubahan zaman, bisa dipastikan lambat laun perusahaan itu akan tertinggal.

Kesadaran individu manusia tentunya sangat berperan penting dalam proses pembangunan SDM di sebuah perusahaan. Sebagus apapun program pengembangan manusia, jika tidak dibarengi  dengan kesadaran manusianya itu sendiri, maka akan sangat menyumbat perubahan dan perkembangan.

Dalam salah satu kitab suci, Tuhan berfirman, yang intinya bahwa Tuhan tidak akan merubah keadaan suatu kaum, sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.  Karenanya untuk terus menuju perusahaan terbaik, secara simultan kita harus melakukan perubahan-perubahan yang lebih baik.

Secara global, keadaan ekonomi dunia terus berubah, khususnya dikawasan ASEAN. Kini pintu MEA sudah terbuka. Sebagai perusahaan plat merah kita harus sudah siap dalam menghadapinya, dan mampu menampilkan kinerja yang terbaik dalam persaingan ekonomi global.

Begitu pun dengan SDM yang ada di dalamnya, tenaga kerja dituntut untuk memiliki keahlian dan keterampilan level dunia, agar mampu bersaing secara global. Namun tetap memegang teguh nilai-nilai budaya bangsa.

Perhatian SDM di lingkungan BUMN, tidak luput dari sorotan para pemerhati dan pelaku bidang SDM, khususnya dalam Forum Human Capital Indonesia (FHCI).    Kami memiliki semangat bersama-sama memberikan pemikiran strategis dan kebijakan dalam bentuk saran, kajian, masukan, pendapat serta rekomendasi terkait dengan pengembangan Manajemen Human Capital kepada Kementerian Negara BUMN dan masing masing BUMN.

Dalam diskusi-diskusi FHCI, ada beberapa hal yang menjadi sorotan pembahasan dan perhatian, salah satunya  yakni tentang laporan IMD World Talent Report 2015 dan The Human Capital Report 2015.   Laporan tersebut menyatakan bahwa saat ini kemampuan human capital Indonesia di peringkat dunia berada di level menengah dan berada di bawah rata-rata negara ASEAN.

Hal itupun menjadi bahan renungan dan pekerjaan rumah bagi kita semua, khususnya DAHANA, agar  terus berusaha mendorong SDM di dalamnya untuk lebih maju lagi.

Untuk mendorong hal itu tentunya, perusahaan pun harus siap dengan segala program-programnyanya, dan karyawan pun siap dengan peningkatan kemampuannya.

Pada event FHCI Summit 2016 yang digelar pada bulan Oktober,  tepat pada hari Peringatan Sumpah Pemuda, menyadari betul potensi para pemuda Indonesia khususnya di lingkungan perusahaan BUMN untuk menampilkan kemampuannya dalam persaingan global.
Generasi muda DAHANA adalah harapan, generasi sebagai ujung tombak perusahaan dalam melakukan perubahan. Tantangan zaman ini tidak mungkin dihadapi dengan sendiri-sendiri, diperlukan semangat persatuan dan kebersamaan dalam mengejawantahkan talentanya untuk menjadi lebih unggul.

Kran globalisasi kini sudah terbuka. Dengan semangat nasionalisme, siapkanlah diri dan bekali dengan kemampuan-kemampuan terunggul, terus melakukan perubahan kearah lebih baik untuk memenangakan kompetisi global.  (Susilo Hertanto/Direktur Keuangan & SDM PT DAHANA (Persero) sekaligus Sekjen Forum Human Capital Indonesia  Periode 2016 - 2018





No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888