Pages

Thursday, June 30, 2016

Site Bengalon, Surganya Bagi Karyawan Penghobi Mancing dan Seafood


Butuh setidaknya 1,5 jam perjalanan dari Kota Sangatta, Ibukota Kabupaten Kutai Timur di Kalimantan Timur, untuk mencapai tambang batubara milik PT Perkasa Inakakerta ini. Jika dilihat dari peta, salah satu site yang dikerjakan PT DAHANA (Persero) ini ada di bagian ujung paling Barat Pulau Kalimantan.
 
Berada di Desa Sekerat, Kecamatan Bengalon, site ini terbilang cukup terpencil. Edi Kusnadi, Koordinator Site Bengalon, mengatakan dia dan timnya paling tidak harus menempuh 10 jam perjalanan darat ke Balikpapan, satu-satunya akses pulang ke kampung halaman jika hendak melakukan rutinitas cuti. 


“Dukanya akses pesawat saat melaksanakan atau pun selesai melaksanakan cuti harus ke Balikpapan. Alhasil, 10 jam perjalanan darat ke Balikpapan, atau sebaliknya ke Bengalon,” ucap Edi kepada Dfile.

Namun ditempatkan di ujung Kalimantan ini, jelas Edi, bukan berarti pula membuat dia dan timnya tak melulu sengsara. Lokasinya yang berada di tepi perairan Selat Sulawesi yang kaya ikan, tepatnya di Muara Bengalon, site terpencil ini bisa jadi merupakan surganya penyuka hobi memancing dan penggemar makanan seafood. 

Namun, pemancing di sini juga perlu hati-hati, lantaran Muara Bengalon kerap kali ditemui buaya-buara muara Sungai Bengalon yang panjangnya bisa mencapai 7 meter. Penduduk setempat yang kurang hati-hati, kerap dimangsa buaya yang memiliki nama laiti crocodylus porosus ini. 

“Site ini sangat dekat dengan laut, sehingga kami dan kawan-kawan bisa menyalurkan hobi memancing atau makan ikan bakar dengan harga sangat murah,” ujar Edi. 

Diungkapkannya, di site ini sendiri DAHANA kebagian menggarap pengeboran dan peledakan dari PT Karunia Wahananusa, kontraktor tambang PT Perkasa Inakakerta, anak perusahaan salah satu perusahaan batubara terbesar nasional, PT Bayah Resources Tbk. 

Edi menjelaskan, fasilitas di site Bengalon terbilang sudah cukup mapan. Dengan 8 orang tenaga peledakan dari DAHANA, serta 8 orang dari vendor untuk membantu pengeboran, site ini dilengkapi dengan 1 mesin bor, 1 unit Anfo Mixer, dan 2 unit kendaraan light vehicle (LV). 

“Dalam menjalankan aktivitas pengeboran dan peledakan, DAHANA di lengkapi dengan 1 unit alat bor Furukawa HCR1500, 1 unit ANFO Mixer, 2 unit  LV. Satu LV untuk sarana man power, dan 1 unit lagi untuk box explosives,” jelas Edi. 

Untuk personil yang bertugas terdiri dari 8 orang dari vendor antara lain 3 orang driller, 2 orang mekanik, dan 3 orang helper. Sementara tim peledakan dari DAHANA meliputi 1 koordinator site, 1 orang safety officer, 1 orang pengawas, 1 orang blaster, dan 4 orang helper.

Site yang berada di bawah koordinasi Divisi tambang Umum 2 ini memiliki rencana produksi per bulan sekitar 450.000-500.000 bcm.  “Kami siap memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen, salah satunya memenuhi, bahkan melampaui target produksi,” pungkas Edi Kusnadi. (idr)




No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888