Pages

Thursday, June 2, 2016

Mensiasati Hidangan Makanan Selama Ramadhan Bagi Wanita Pekerja



Menghidangkan makanan lezat sekaligus sehat bagi anggota keluarga di bulan Ramadhan merupakan tantangan tersendiri para ibu-ibu, baik makanan untuk berbuka puasa ataupun saur.  Terlebih bagi ibu-ibu pekerja kantoran yang waktunya terbatas. Pastinya mereka sangat di pusingkan untuk menyiapkan menu-menu spesial di momen Ramadhan ini.

Selain menjalankan ibadah puasa,  kita harus pandai-pandai mengatur menu keluarga yang tak hanya lezat, tapi cukup kandungan gizinya untuk kebutuhan berpuasa selama ramadhan. Kita mungkin bisa mencari variasi resep praktis dari berbagai sumber, baik dari internet, buku atau majalah, tetapi masalahnya, bagaimana kita dapat menyiapkan semua menu tersebut dalam waktu yang sangat terbatas.
    
Berikut beb
erapa tips menyiapkan hidangan selama bulan Ramadhan :
1.       Mulai menyetok bahan-bahan makanan
Perlu di perhatikan, jauh-jauh hari sebelum memasuki awal ramadhan kita sudah mulai menyetok beberapa bahan-bahan makanan di lemari pendingin, seperti beberapa macam makanan kering dan lainnya yang tahan lama. Misal kering tempe, kering kentang, dendeng, empal asam pedas dan rending, makanan beku (sosis, nugget, dan lain-lain). Lauk pauk ini berguna untuk persediaan kala Anda telat bangun atau tidak bisa bangun terlalu awal, atau sedang terburu-buru dan jangan lupa buah-buahan.

2.       Kurangi persediaan bahan-bahan makanan yang mudah busuk
Sebisa mungkin kita tidak berlebihan menyetok bahan makanan yang mudah busuk atau layu seperti sayur-sayuran, meskipun bahan-bahan itu telah kita simpan di lemari pendingin, tetapi tentunya jika bahan-bahan tersebut telah busuk tidak bisa kita digunakan lagi, seandainya telah layupun, hal ini juga mengurangi kandungan nutrisi maupun gizi  didalamnya.
3.       Membuat jadwal menu
Ini juga tidak kalah penitng, agar kita tidak dipusingkan menu apa yang akan dihidangkan untuk setiap harinya, alangkah baiknya mulai sekarang kita sudah membuat jadwal menu untuk makan yang akan dihidangkan disaat berbuka puasa maupun sahur.  Hal ini sangat memudahkan kita dalam mempersiapkan bahan makannya. Tempelkan juga label yang menerangkan nama masakan dan kapan dibuat. Bila hendak dihidangkan makanan-makanan ini tinggal dipanaskan saja.

4.       Manfaatkan waktu luang
Terutama bagi Ibu-ibu pekerja yang memiliki waktu terbatas, sebisa mungkin kita memanfatkan waktu luang seusai pulang kantor, untuk mempersiapkan bahan-bahan mentah yang akan di buat untuk hidangan saur, seperti memotong sayuran, atau sekedar merebus ayam maupun daging.
Tips Memilih Hidangan Sahur
  1. Perbanyak hidangan berkuah agar keluarga tidak kekurangan cairan.
  2. Jangan menyuguhkan atau menggunakan bahan yang terlalu asin seperti ikan asin atau bahan-bahan yang diawetkan yang umumnya mengandung banyak garam. Garam mengikat air hingga membuat kita mudah haus.
  3. Masakan dari telur kecuali memberi asupan protein, juga memberi rasa kenyang agak lama.
  4. Perbanyak sayur mayur hingga tubuh kita tidak kekurangan serat.
  5. Jangan lupa menambahkan buah-buahan. Buah juga menyumbang energi kecuali air dan vitamin.
Tips Memilih Hidangan Buka:
a.    Jangan memilih hidangan manis yang terlalu padat supaya lambung tidak "kaget"
b.    Dengan alasan yang sama, jangan menyuguhkan pengantar berbuka yang rasanya terlalu.  Misalnya, terlalu pedas atau terlalu asam.
c.     Untuk makanan lengkapnya, pasti masakan panas yang berkuah seperti sup atau soto sangat disukai.
d.    Sayur dan buah tetap harus disuguhkan.
e.    Makanan yang dibakar seperti ayam bakar dan ikan bakar plus lalapnya pasti disambut dengan senang hati. (aan/berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888