Pages

Thursday, June 2, 2016

Kajian Intelektual di Masjid Al-Akhdhar DAHANA



Masjid Al-Akhdhar kini semakin marak dengan kegiatan-kegiatan keagamaan. Masjid yang berada di Kawasan Energetic Material Center (EMC) PT DAHANA (Persero) di Subang, selalu menjadi pilihan tempat berkumpulnya tokoh agama di Kecamatan Cibogo.

 
Pada akhir pekan kemarin, Sabtu (28/5) Al-Akhdhar menjadi tempat bersilaturahmi para tokoh agama, kiai dan ajengan dari kalangan Nahdatul Ulama (NU) se_Kabupaten Subang.  Menurut Tatang Mulyana, takmir Masjid Al-Akhdhar, menerangkan bahwa tokoh agama yang tengah berkumpul di masjid DAHANA ini berasal dari enam kecamatan di Kabupaten Subang, yaitu Kecamatan Cibogo, Subang, Kalijati, Pagaden, Pagaden Barat, dan Cijambe.

“Ini kegiatan Bahtsul Masail, kegiatan rutinnya PC NU Subang yang digelar disetiap MWC atau kecamatan, kebetulan kali ini di Cibogo,” terang Tatang Mulyana kepada Dfile. (28/5/2016).

Nampak hadir dalam kegiatan ini Sekmat Kecamatan Cibogo, Mochamad Anas Nasrudin dan juga Ketua PC NU Subang KH Musyfiq Amrullah. Sekmat Cibogo menyambut baik kegiatan yang digelar di wilayahnya ini, musyawarahnya tokoh agama dalam mengkaji dan membahas persoalan yang ada, akan membantunya menyelesaikan permasalahan-permasalahan sosial yang dialami oleh masyarakat.

“Banyak persoalan yang dialami masyarakat, tentunya perlu juga permasalahan ini dicarikan solusinya oleh para alim ulama sekaligus membimbing masyarakat,” ujar Mochamad Anas Nasrudin.

Anas pun menerangkan tentang kondisi Cibogo saat ini, menurutnya lima tahun kebelakang Cibogo merupakan daerah yang sepi, namun kini telah berubah. Dengan adanya pabrik industri, tatanan sosial kian berubah, dengan semaraknya keberadaan kost-kostan dan kontrakan di daerahnya. Hal ini, menurutnya harus menjadi perhatian pemerintah dalam menjaga moralitas di lingkungan masyarakat.

Sementara itu, KH Musyfiq Amrullah menerangkan kegiatan yang digagas oleh NU ini adalah sebuah tradisi intelektual  para ulama dalam mengkaji persoalan atau masalah yang perlu dicarikan solusinya. Nampak dalam pertemuan ini para peserta banyak yang memberikan argumentasi solusi atas masalah yang dibahasnya.   Dalam beragurmennya, mereka sambil membuka kitab-kitab yang sengaja dibawanya sebagai penguat argumentasinya.

Kegiatan Bathsul Masail kali ini membahas lima perkara yang dianggap menjadi polemik dikalangan masyarakat, diantaranya tentang kepemimpinan yang korup, masalah sogok menyogok dalam CPNS dan tentang penertiban alunan pupujian di masjid-masjid. (SYA)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888