Pages

Tuesday, May 3, 2016

Funbike DAHANA Keseruan Peserta Gowes DAHANA Taklukkan Hutan Cikole



Pagi itu, tepat pukul 08.30, kawasan Hutan Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung sudah terasa ramai dengan hiruk pikuk. Sekitar seratusan orang kompak mengenakan helm dan kaos biru muda dengan kelir garis kuning. Mereka adalah peserta Funbike DAHANA yang tengah bersiap-siap melakukan track adventure di lintasan ektrem kawasan yang masuk kawasan hutan Tangkuban Perahu itu. 


Berjarak 20 kilometer sebelah Utara Kota Bandung, lintasan pada Track adventure bisa dibilang cukup ekstrem, namun juga menyuguhkan pemandangan alam yang memanjakan mata untuk penyuka olahraga sepeda gunung. Track Adventure ini adalah jalur lintasan khusus yang ditentukan panitia dari dua jalur yang ada yaitu “Funbike dan Adventure”. 

Budi Antono, Direktur Utama PT DAHANA (Persero) membuka secara langsung funbike dengan mengangkat bendera start. Ikut menemaninya, Direktur Operasi Bambang Agung, Direktur Teknologi dan Pengembangan Heri Heriswan, dan Sekretaris Perusahaan Mamat Ruhimat.

Berbeda dengan funbike, peserta yang mengambil track adventure ini cukup menantang adrenalin. Dengan jarak 13 Km, peserta harus melewati jalan yang dipenuhi bebatuan dan juga tanah, memasuki perkebunan kopi dan masuk dalam hutan dengan track tanah turunan. Dimana jalur ini sangat tepat bagi penyuka sepada downhill. Peserta yang ikut dalam track ini sudah pasti merasakan sensasi heroik dibanding track funbike.

Dengan jarak tempuh yang lebih panjang dan track yang lebih sulit serta menantang, peserta dituntut ekstra hati-hati saat melintasi track ini. Dari awal start pun, “bikers” sudah disuguhi medan bebatuan dan kontur tanah yang licin hingga turunan terjal dengan kemiringan 35 derajat. 

Namun demikian, peserta terlihat begitu menikmati jalur tersebut.  Betapa tidak, di awal start saja, kesejukan dan segarnya udara hutan pinus sepanjang hampir 5 kilometer seakan jadi penyemangat para peserta Funbike DAHANA ini. Keluar dari belantara pinus peserta kembali disambut oleh hamparan perkebunan teh yang hijau sejauh mata memandang.  

Tanah yang licin, turunan tajam dan track yang sempit sudah barang tentu sukses menguji adrenalin peserta. Alhasil banyak para peserta yang tidak mampu menaklukan track adventure tersebut, terpelanting di lintasan terjal adalah hal biasa.

“Saya sudah tiga kali ini menjadi peserta Gowes Dahana dan ternyata ketiga kalinya pula saya harus merasakan jungkir balik di lintasan tadi,“ ungkap Octavianus, peserta funbike dari PT Holcim bersemangat.
Dan tentunya masih banyak kejadian-kejadian yang di alami para peserta jalur adventure ini. Meskipun mereka sangat berhati-hati dalam mengayuh sepedanya, tetapi medan yang susah di jalur tesebut memaksa mereka merasakan pengalaman jatuh dari sepeda tunggangannya.

“Acara ini asyik banget mas, saya tadi dua kali jatuh terjungkal di lintasan, meskipun luka juga, tetapi tidak saya rasakan, saking semangatanya ikut acara ini, semoga setiap tahun DAHANA terus menggelar acara serupa,” jelas Leustanto peserta lain dari PT 46 berharap.

“Tiga Direksi DAHANA juga ikut dalam track Adventure ini,” terang Eman Suherman, Ketua Panitia Funbike Dahana.

Sementara, bagi peserta yang mengambil track funbike, bisa merasakan kesejukan udara, dan bisa memandangi hamparan perkebunan teh dan melihat langsung Pegunungan Tangkuban Perahu. Lintasan jalannya pun berupa jalan tanah, batu dan aspal, dengan jarak tempuh hampir 6 Km.

Meski garis strart kedua track itu berbeda, namun garis finishnya tetap sama yakni diarea Villa Sari Alam, sebelah timur pemandian air panas Sari Ater, Ciater Subang. Disini peserta mengakhiri petualangan bersepedanya. Yang menarik, DAHANA pun memberikan doorprize untuk para peserta yang terpilih, dengan berbagai macam hadiah, mulai dari puluhan hadiah hiburan, sepeda gunung, televisi dan dua lemari es. 

Tahun Emas DAHANA
Acara gowes di Lembang tersebut merupakan satu dari rangkaian acara yang digelar selama perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) DAHANA. Tepat di tahun ini, PT DAHANA (Persero) tengah memasuki usia emas. Meski hari lahirnya jatuh di bulan Oktober, di awal Januari sampai dengan sekarang, DAHANA tengah gencar melaksanakan rangkaian kegiatan peringatan HUT-nya yang ke-50 tahun.
Dipenghujung April, perusahaan penghasil bahan peledak ini menggelar rangkaian acara HUT-nya dengan mengajak konsumennya untuk ikut serta gowes sepeda bareng di area perkebunan teh milik PTPN VIII Ciater, Subang.

Kegiatan gowes yang bertajuk “Bike to nature” ini mendapat sambutan baik dari para konsumen DAHANA. Ada sejumlah perusahaan yang ikut serta dalam ajang ini, diantaranya PT Adaro Indonesia, PT Semen Padang, PT Holcim, United Tractor Semen Gresik, PT Timah, PT Harita Panca Utama, PT Madhani, PT Cibaliung Sumberdaya, PT Antam, dan PT Bukit Asam.

“Kegiatan gowes ini, diikuti konsumen seluruh Indonesia, ada yang dari Sumatera, Jawa, Kalimantan dan dari Sulawesi. Saya ucapkan terimakasih telah ikut serta memeriahkan HUT Emas DAHANA,” kata Budi Antono, Direktur Utama PT DAHANA (Persero) dalam sambutannya, Sabtu (23/4/2016).
Selain diikuti oleh konsumen, gowes sepeda yang memiliki track Funbike dan Adventure ini diikuti oleh mitra DAHANA dari institusi pemerintah terkait maupun perusahaan seperti Kementerian Pertahanan, Bappenas, Jasindo, Pupuk Kaltim, Bank BNI, PT Sinkona dan PT Buana Daya Perkasa.
“Lebih dari seratus peserta yang ikut serta dalam kegiatan ini, dan kami sediakan dua truk yang bisa dipilih oleh peserta, fun bike atau adventure,” ujar Ketua Panitia Funbike Eman Suherman kepada Dfile. (sya/idr)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888