Pages

Tuesday, April 5, 2016

Kampus Dahana, Gedung Percontohan



Menjadi perusahaan dengan konsep bangunan ‘hijau’, PT DAHANA (Persero) menjadi perhatian dunia akademik perguruan tinggi di bidang sipil. Seperti mahasiswa magister Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil & Lingkungan Institut Teknologi Bandung (ITB). Sepuluh mahasiswa ini, bersama beberapa dosennya pada kamis (24/3/2016) berkunjung ke Kantor Manajemen Pusat (Kampus) PT DAHANA (Persero) di Kabupaten Subang, Jawa Barat.


Muhammad Abduh, Ketua Program Studi Sarjana Teknik Sipil ITB menerangkan kunjungannya ke kampus Dahana  mendampingi mahasiswanya untuk mendapatkan penjelasan yang lebih rinci dari DAHANA tentang penerapan aplikasi green building.

“Ini kunjungan pertama kalinya kesini (Dahana). Sebenarnya sudah lama dapat informasi tentang DAHANA dari PP (PT Pembangunan Perumahan Tbk). Baru kali ini kami bisa kesini,” ujar Muhammad Abduh kepada Dfile (24/3/2016).

Kedatangannya ke kawasan Energetic Material Center (EMC) dalam rangka terkait mata kuliah Sustanable Construction atau konstruksi berkelanjutan. Menurut Abduh gedung milik PT DAHANA (Persero) menjadi salah satu gedung percontohan yang ramah lingkungan.

"Dengan adanya gedung ini, kita baru bisa menilai dan berkomentar seperti apa gedung ramah lingkungan," ujar Muhammad Abduh.

Dalam membangun gedung ramah lingkungan, Abduh menerangkan bahwa pembangunannya harus secara holistic berkonsep green pula. Mulai dari persiapan konsep gedung, proses pembangunan sampai dengan perawatannya sudah harus terbayangkan.

"Jangan sampai karena ada tawaran atau saran dari pengembang, muncul konsep hijau. Seharusnya ini muncul karena kesadaran, agar ke depan semua aktifitasnya selalu ramah lingkungan," paparnya. Abduh pun menambahkan bahwa gedung ramah lingkungan itu harus efisien. Keefisienan itu bisa terlihat dari proses daur hidup. "Daur hidup itu bisa dilihat dari pembiayaan mulai dari investasi dan maintenance-nya. Apa lebih rendah dibanding dengan gedung yang tidak green," ungkapnya.

Untuk bisa melihat dan menilai itu diperlukan laporan data berjangka. karenanya Abduh membuka harapan, kedepan pihaknya bisa diberi kesempatan untuk menguji dan meneliti perkembangan gedung ramah lingkungan PT DAHANA.

"Kalau diberi kesempatan kami bisa menguji dan meneliti gedung ini (Dahana)," harap Abduh. (SYA)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888