Pages

Thursday, April 7, 2016

“Bersama Kita Bisa”


Herry Surdaryanto – GM Divisi Tambang Umum 1

 Dunia bisnis pertambangan sampai saat ini masih mengalami perlambatan global dan berkepanjangan, khususnya pada tambang batu bara. Sejak 2012 sampai saat ini belum menunjukan sinyal positif, terus mengalami trend penurunan harga. Kondisi ini menyebabkan tantangan berat bagi operasional industri pertambangan batu bara di Indonesia.


Dengan penurunan index harga batu bara (HBA) pada bulan Oktober 2015 mencapai 21% dibandingkan rata-rata index tahun 2014. Hal ini menyebabkan pemilik lahan (Mining Owner) memberlakukan efisiensi, agar bisnis terus berjalan. Semua ini berdampak pada kontraktor pertambangan (Mining Contractor) beserta sub kontraktornya harus terus memberikan kontribusi dan supportnya dalam bentuk efisiensi.

Kendati demikian, kita harus mampu melayani dan menjawab kebutuhan konsumen. Harus tetap dapat menunjukan performance yang baik dalam operasionalnya dan dapat memenuhi tuntutan konsumen.

Pada tahun 2015, ada delapan proyek baru yang diaraih oleh team Divisi Tambang Umum-1, yaitu driling & blasting services, antara lain; CK MBA Malinau, BSI Banyuwangi, SAC – Taliabu dan GAM Sangkulirang. Di Blasting Services antara lain BSS – AGM, sedangkan untuk kontrak suplai bahan peledak antara lain DNS dan KPP area (MBA, MASS, BRE dan Idexim), dimana dari total pendapatan Divisi komposisi sercives 64% sedangkan penjualan bahan peledak (spot) 36%.  Hal ini menunjukan bahwa pendapatan terbesar divisi berasal dari services.

Pada awal tahun 2016, Divisi Tambang Umum 1 diganjar dua penghargaan dari manajemen yaitu sebagai Highest Sales 2015 dan Highest Gross Profit 2015. Pendapatan Divisi Tambang Umum 1 mencapai 435.194 Milyar dan laba kotor 93.800 milyar. Pencapaian ini berkat kerja sama dan kerja keras tim. Pencapaian tersebut tidaklah membuat kita puas. kita harus terus melakukan improvisasi, efisiensi dan terbaik untuk perusahaan.

Tantangan 2016 semakin berat, pada kondisi pertambangan yang kurang menguntungkan saat ini, kita harus tetap optimis dan selalu berdoa. Menumbuhkan semangat kerja tim yang kuat dan terus melakukan komunikasi dan kordinasi yang baik. Maka apa yang kita targetkan akan bisa dicapai.

Di tahun 2016 ini, pada RKAP Divisi Tambang Umum 1 dipatok target pendapatan kita 398.154 milyar. Sinyal positif sudah nampak diawal tahun dengan adanya proyek-proyek baru. Kita akan beroperasi di site baru, seperti Site NBC di Sambarata – Berau, BJA di Tenggarong dan SBS di PT Bukit Asam Tanjung Enim, selain site baru yang persiapannya sejak akhir tahun 2015 yaitu GAM Sangjulirang dan BSI di Banyuwangi. Di tahun ini pun, proyek di negeri Kangguru, Darwin Australia, juga akan mulai beroperasi dan diharapkan akan menambah revenue pada perusahaan.

Salah satu kunci kesuksesan yaitu selalu menanamkan semangat “Bersama kita bisa”.   Itulah yang akan mendorong dan memberikan semangat untuk melewati kondisi bisnis pertambangan saat ini. Bersama saling berkoordinasi, saling memberikan informasi dan saling mendukung dan mampu meninggalkan ego, karena tim yang baik ialah tim yang mampu bersama-sama melangkah mewujudkan cita-cita.

Didalam tim tidak ada lagi kata aku dan kamu,  yang ada hanya “kita”, kita yang berusaha semaksimal mungkin mengerahkan tenaga, pemikiran serta kemampuan untuk bersama-sama melangkah melewati tantangan yang saat ini tengah dihadapi. Dengan adanya kebersamaan, selain efektif tentu juga akan efisien.

Sikap saling support dalam menanamkan semangat dan optimisme menjadi pemantik yang akan membakar semangat diri untuk terus berusaha melewati setiap hambatan. Dengan semangat dan optimisme harus tertanam setiap diri, apapun tantangannya, apapun kesulitannya tentunya kita ‘bisa’ menghadapinya. Tidak mudah putus asa.

Seperti apa yang tertuang dalam ayat suci Sesungguhnya beserta kesulitan itu terdapat kemudahan”. Kesulitan-kesulitan yang kita hadapi pada dasarnya ada kemudahan menyertainya. Tinggal sejauh mana kita terus berusaha. Dengan bekerjasama dan kerja keras melewati kondisi saat ini, kita akan mendapati kemudahan untuk bisa menampilkan performance yang terbaik untuk perusahaan dalam melayani konsumen.
“Bersama Kita Bisa..!”

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888