Pages

Tuesday, April 12, 2016

Komunikasi Pemasaran Ala DAHANA

Berbeda dengan perusahaan pada umumnya, PT DAHANA (Persero) memiliki cara tersendiri dalam mencari pelanggannya. Sebagai perusahaan negara penghasil bahan peledak, DAHANA cukup ekslusif dalam pemasarannya. Hal inilah yang menjadi sorotan belasan mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Subang berkunjung ke Kantor Manajemen Pusat (Kampus ) PT DAHANA (Persero) di Jl. Raya Subang Cikamurang, Kabupaten Subang, pada Rabu, 6 April 2016.


Nura’eni, salah seorang dosen yang ikut serta dalam kunjungan ini mengatakan kedatangannya ke Kampus DAHANA adalah terkait dengan mata kuliah yang diampunya tentang Komunikasi Pemasaran. Setiap perusahaan, menurutnya memiliki cara tersendiri dalam mengaplikasikan komunikasi pemasaran.

“Dahana itu kan perusahaan bahan peledak, tentunya memilki cara pemasaran yang berbeda dengan perusahaan lain. kedatangan kami kesini terkait bagaimana komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan bahan peledak,” terang Nura’eni pada sambutannya. (6/4/2016)

Belasan mahasiswa yang memakai jas warna biru ini kemudian mendapat penjelasan dan pemaparan tentang DAHANA oleh Juli Jajuli dari Bagian Humas. Menurutnya salah satu upaya memberikan informasi dan promosi kepada khalayak adalah melalui media, juga untuk membangun citra DAHANA.

“Melalui media kita membangun image tentang DAHANA.  Untuk menggaet konsumen kita ada cara lain, salah satunya dengan pemasaran melalui pameran,” ungkap Juli Jajuli.

Hadirnya DAHANA dalam event pameran merupakan salah satu cara menghadirkan perusahaan ditengah-tengah masyarakat khususnya calon konsumen dan memberikan informasi tentang produk dan pelayanan perusahaan.

“Konsumen Dahana itu segmented sekali.  Hubungannya B to B, bukan masyarakat umum. Masa iya cara jualannya harus kayak ngajak masyarakat untuk beli bom,” kelakar Juli Jajuli.

Juli pun mengungkapkan, cara lain menggaet konsumen ke DAHANA yaitu dengan cara Word Of Mouth (WOM) Communication atau mulut ke mulut.  Tidak sedikit konsumen yang mendapatkan informasi dari pihak lain yang lebih dulu mengetahui dan menjadi Konsumen DAHANA.

“Karena jejaring dan relasi yang telah dibangun, banyak konsumen yang datang melalui teknik WOM ini.  Hal itu bisa terjadi tentu saja karena kualitas layanan DAHANA yang sudah dipercaya oleh konsumen, sehingga mereka berani merekomendasikan kepada yang lain,” terangnya.

Pada masanya, DAHANA pernah menjadi pelaku monopoli bahan peledak, dimana perusahaan tidak perlu melakukan promosi dan pemasaran.  Konsumen dengan sendirinya datang dan membeli bahan peledak ke DAHANA.  Namun saat ini berbeda jauh, tuntutan era persaingan bebas ini membuat DAHANA menjadi lebih inovatif dan kreatif untuk menjawab kebutuhan konsumen.

“Salah satu kunci kemajuan perusahaan adalah inovasi.  Banyak produk baru DAHANA yang lahir karena memenuhi kebutuhan konsumen yang spesifik. Terlebih saat ini DAHANA memiliki Energetic Material Center (EMC) yang mendukung untuk litbang bahan peledak,” pungkas Juli Jajuli. (SYA)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888