Pages

Tuesday, March 15, 2016

Menjadi Mitra PKBL DAHANA, Elin Sukses Buka Warung Nasi



Keberadaan pabrik industri di suatu tempat sudah seharusnya mampu berdampak pada peningkatan tarap perekonomian masyarakat sekitar. Seperti halnya yang dirasakan oleh salah satu mitra PKBL PT DAHANA (Persero), Herlin Ekawati.


Ibu yang biasa dipanggil Ceu Elin ini, mengaku usaha warung nasinya yang berada didekat salah satu pabrik sepatu di daerah Rawa Badak- Subang, kini warungnya semakin berkembang.
"Alhamdulillah, sekarang warungnya semakin ramai," terang Elin kepada DFile. (8/3/2016).

Elin mengaku saat mengawali usaha warung nasinya ini tidak lepas dari peranan PT DAHANA (Persero). Pasalnya saat hendak memulai usahanya ini, ia mendapat kucuran pinjaman modal dari PKBL DAHANA.

Pada tahun 2014, Elin memberanikan diri membangun sebuah ruko di tanah miliknya yang berdekatan dengan pabrik sepatu. Ia berencana membuka warung nasi. Namun pada akhirnya ia terkendala oleh modal. Dana yang semula dipersiapkan untuk membangun ruko dan dagang, ternyata habis untuk keperluan pembangunan ruko.
"Diluar prediksi, ternyata uang modal habis untuk bikin ruko, saya sempat bingung, nggak jadi dagang. Mau disewakan saja rukonya," ujar Elin bercerita.

Angin harapan akhirnya berhembus, ibu kelahiran 1977 ini mendapat kabar dari tetangganya tentang program kemitraan PKBL DAHANA. Dan ia mendapat suntikan pinjaman dana usaha dari DAHANA sebesar Rp. 30.000.000.

"Dulunya ruko ini masih kosong tidak ada apa-apa. Dana dari DAHANA saya gunakan untuk beli peralatan," ungkapnya.

Bagi Elin, DAHANA memiliki peranan penting disaat merintis usahanya. Kini warung nasinya semakin ramai dan semakin besar. Yang awalnya ia harus berjibaku sendiri memasak dan melayani pembeli, kini ia sudah memiliki lima orang karyawan yang membantunya.

"Pinjaman ini sangat membantu, tiga bulan pertama saya tidak usah mikirin cicilan, saya bisa fokus puterin terus modalnya," ujar Elin.

Dipenghujung 2015 kemarin, Elin akhirnya   telah mampu mengembalikan dan membayar semua pinjaman sebelum jatuh tempo.

Menurut penuturannya, ia tengah mengajukan kembali pinjaman modal untuk merambah bisnis lain. Rencananya  lahan yang berada di sekitar warung nasinya akan disulap menjadi area penitipan kendaraan.
"Dibelakang warung tanahnya masih luas, saya mau buka penitipan kendaraan. Banyak karyawan pabrik suka nitip motor disini," ungkapnya. (SYA)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888