Pages

Thursday, March 3, 2016

Melancarkan Perjalanan Dinas



Ajis Nurjaman
Ia rela telepon genggamnya aktif 24 jam setiap hari.  Kadang waktu libur bersama keluarga terganggu karena harus sibuk dengan teleponnya.   Ia menelepon dan koordinasi kesiapan kendaraan untuk perjalanan dinas karyawan PT DAHANA (Persero).


Ia adalah Ajis Nurjaman, Supervisor Pemeliharaan dan Fasilitas Korporasi DAHANA. Pria berkumis ini mengaku selalu disibukkan melayani permintaan karyawaan untuk penggunaan kendaraan dinas. 

“Mengatur permintaan penggunaan kendaraan dinas itu gampang-gampang susah,” ungkap Ajis.
Jika mobil dinas tersedia dan tidak digunakan, kemudian ada yang akan melakukan perjalanan dinas ke luar kota, maka tinggal menyiapkan dan menggunakannya. Yang perlu kesabaran serta kejelian itu ketika permintaan penggunaan kendaraan dinas melonjak, sementara kendaraan tengah digunakan semua.

"Permintaanya mendadak. Mobil lagi dipakai semua. Ya, mau tidak mau saya tawarkan beberapa pilihan. Mentok-mentok terpaksa kami rental mobil," ujar Ajis.

Pada dasarnya, ia mengaku ingin melayani kebutuhan karyawan, memfasilitasi kendaraan untuk kelancaran perjalanan dinas.  Namun tantangannya terkendala oleh terkesediaan fasilitas.  Biasanya pria yang hobi bulutangkis ini akan menawarkan beberapa saran kepada pemohon.

“Kadang di hari yang sama, satu unit kerja ada tiga orang yang minta disiapkan kendaraan dinas, saya biasanya tawarkan agar mereka berangkat bersama dengan menggunakan satu mobil karena tujuannya relatif sama. Agar mobil lain bisa digunakan oleh unit kerja lainnya. Itupun kalo banyak yang digunakan. Kalau selagi ada mah ya tidak masalah,” terangnya.

Ajis mengaku, sejak tahun 2008 ia sudah ditugaskan mengelola fasilitas kendaraan dinas. Pada awalnya ia merasa kesulitan mengurus dan melayani permintaan kendaraan dinas, seiring dengan waktu ia pun kini telah terbiasa dengan tugas-tugasnya ini.

“Pernah tugas ini saya berikan kepada orang lain, namun tidak optimal.  Hal ini bisa menghambat pekerjaan orang lain. Kalau tidak dikerjakan dengan pikiran jernih dan tenang, tugas ini malah bisa kita jadi stres,” pungkas Ajis.  (Sya)

Dulu, terang Ajis, tugas menyiapkan dan mengatur penggunaan kendaraan dinas masih dipegang oleh Bagian Umum. Namun Bagian umum sekarang tidak ada, yang ada hanya Pengelolaan Aset dan pelayanan Korporasi.

“Menyiapkan kendaraan untuk perjalanan dinas karyawan merupakan bagian dari melayani perusahaan, nah seharusnya dipegang oleh pelayanan korporasi. Tapi tidak mengapa, bagi saya ini tugas tambahan buat saya” papar Ajis.

Delapan tahun bersentuhan dengan pekerjaan mengelola kendaraan dinas, banyak pelajaran dan pengalaman yang dia ambil. Ia mengaku saat ini sudah memiliki bisnis rental mobil di Tasikmalaya.

“Alhamdulillah, sekarang punya bisnis rental mobil. Ya mungkin karena dipekerjaan tidak lepas dari ngurus mobil. Eh sekarang malah bisnis rental mobil” pungkas Ajis tertawa. (SYA)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888