Pages

Thursday, March 24, 2016

Insan Humas Harus Berkarakter



Insan humas dari berbagai perusahaan BUMN pada Senin, 21 Maret 2016  hadir mengikuti pelatihan Publik Relation (PR) berkarakter. Humas PT DAHANA (Persero) pun turut hadir dalam kegiatan ini. Acara yang dihelat di Gedung Jasa Raharja ini menghadirkan pemateri seorang artis sekaligus public speaker yakni Choky Sitohang.


Acara yang digelar dalam kegiatan Forum Terbuka Calon Ketua Forum Humas BUMN ini, Choky memaparkan bagaimana peranan humas dalam membangun karakter. “Humas kali ini bukan lagi sebagai pemadam kebakaran yang harus tampil terdepan mengklarifikasi jika muncul sebuah masalah,” ujar Choky dalam presentasinya. (21/3/2016)

Humas menurutnya adalah cerminan perusahaan, maka karakternya pun akan membangun image perusahaan. Ada enam karakter yang harus dimiliki seorang insan humas. Pertama, Mampu mendengar. Seorang humas tidak harus melulu banyak bicara, namun harus memiliki kemampuan mendengar, mendengar keluhan-keluhan dan masalah.
“Jangan melulu bicara, dengarkan dulu masalah atau keluhan-keluhan yang ada, simak semua keluhannya,” ujar Choky.

Karakter yang kedua yaitu Persuasive, mampu mengajak dan mengarahkan orang, ketiga; membangun Hubungan. Seorang humas tidak saja membangun hubungan keluar, menurut Choky, humas harus mampu membangun hubungan internal perusahaan sebelum keluar.

“Bangunlah hubungan di dalam dulu dengan baik, baru keluar,” sarannya.
Karakter selanjutnya yaitu; Creative dan memiliki perhatian yang detail terhadap sesuatu. Dan yang terakhir yaitu terbuka terhadap kritik.
“Humas itu pembisik pimpinan perusahaan, ia harus tahu masalah apa saja yang dihadapi perusahaan,” ujarnya.

Pelatihan PR berkarakter ini bagian dari FH BUMN dalam membangun  tenaga kehumasan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang harus memiliki karakter, kreatif dan tangguh dalam menjalankan tugas sehari-hari tidak hanya menghadapi implementasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) tetapi juga untuk bisa bersaing di tingkat global. (SYA)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888