Pages

Wednesday, March 16, 2016

Ahli Bahan Peledak yang bercita-cita Menjadi Pengusaha Perkebunan



DUDU SYAMSUDUHA
Tahun 1999 merupakan tahun pertamanya berkenalan dengan tempatnya merantau hingga sekarang, Kalimanan. Itu terjadi ketika Dudu, sapaan akrabnya, mulai bergabung dengan PT DAHANA (Persero). Tak tanggung-tanggung, resmi bekerja pada 11 Maret 1999, hari itu juga Dudu langsung ‘dimutasi’ ke Kalimantan. Tepatnya di site Indo Muro Kencana (IMK) Kalimantan Tengah.

 
Lepas dari tugas kerja di IMK di tahun 2000, ibarat sudah berjodoh, karirnya di BUMN bahan peledak ini kembali ditempatkan di Kalimantan lagi, tepatnya sebagai supervisor di Berau Coal Lati. Penempatan kedua di Tenggarong, hingga akhirnya nasibnya berakhir di MTL Berau dengan posisi Superintendent Divisi Tambang Umum II sampai saat ini.

Lama menetap di Kalimantan, membuat pria yang lahir 46 tahun silam di Bandung ini berkeinginan jadi pengusaha perkebunan. Alasannya sederhana, masih banyak lahan terbengkalai dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

“Cita-cita jadi pengusaha perkebunan. Alasannya memanfaatkan lahan yang masih luas di Berau dan membuka sedikit pekerjaan bagi masyarakat yang membutuhkan,” kata Dudu pada Dfile.
Bicara suka dan duka, pahit manis sudah dilakoni ayah tiga anak ini selama bertugas di Kalimantan sejak.  Mulai mendapatkan ancaman dari penduduk lokal yang meminta jatah pekerjaan, hingga berjibaku di lapangan saat akses dan pendukung pekerjaan masih terbatas di awal tahun 2000-an.

“Hal yang disukai adalah team work terasa kental serta support lur biasa. Ketika volume hasil produksi sesuai dengan target bakal diapresiasi sangat tinggi dari manajemen, jenjang karir di DAHANA pun sangat pasti,” ujar Dudu.

Yang pasti, lanjut Dudu, dengan motto hidup Man Sara Ala Darbi Washala atau Siapa yang menapaki jalan-Nya akan sampai ke tujuan, dirinya optimis cita-cita membuka kebun yang masih tertunda bisa segera direalisasikan. Di luar berkebun, Dudu juga masih ingin menuntaskan harapannya untuk DAHANA.

“Hal - hal yang ingin saya lakukan bersama DAHANA dimasa mendatang, diantaranya ingin memberi kepercayaan ke konsumen, bahwa DAHANA adalah perusahaan industri handak terunggul dan berdaya saing tinggi,” tutur Dudu. 

“Menjaga kepercayaan dan kepuasan konsumen potensial untuk meningkatkan market share nya dan memaksimalkan setiap peluang yang ada, menjaga safety performance, dan mengembalikan kejayaan khususnya di Berau Project dan sekitarnya,” tambah pria penyuka gado-gado dan warna hitam ini.

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888