Pages

Monday, December 28, 2015

Komisi III DPRD Subang Bertandang ke DAHANA



Perpindahan kantor PT DAHANA (Persero) dari Tasikmalaya ke Kabupaten Subang menjadi harapan baru untuk masyarakat Subang dalam pembangunan dan pengembangan Daerah. Empat tahun keberadaan DAHANA di Subang, namun masih belum banyak yang mengenal dekat tentang perusahaan penghasil bahan peledak ini. Diantaranya yaitu anggota legislatif DPRD Subang.


Karena alasan itulah pada 22 Desember 2015 rombongan anggota Dewan Komisi III DPRD Subang melakukan lawatan ke kawasan Energetic Material Center (EMC) PT DAHANA (Persero) yang berlokasi di Desa Sadawarna, Cibogo, Subang.  Dalam kunjungan ini mereka diterima langsung oleh Direktur Keuangan & SDM, Susilo Hertanto.

Bambang Irmayana, Ketua Komisi III DPRD Subang, mengatakan kunjungan yang kali pertamanya ini adalah dalam rangka untuk mengenal lebih dekat PT DAHANA (Persero) dan mengetahui lebih jauh arah pembangunan DAHANA kedepan.
“Ada beberapa dari kita baru menjadi anggota dewan, dan kebanyakan belum mengenal DAHANA. kita ingin mengetahui bagaimana lingkungan DAHANA dan apa saja yang dilakukan untuk masyarakat sekitar,” kata Bambang kepada Dfile. (22/12/2015).

Dalam fungsinya, komisi III terang Bambang adalah membidangi pembangunan dan lingkungan hidup yang fokus pada pembangunan, lingkungan, pertambangan dan energi, perhubungan serta tata ruang dan pemukiman. Karenanya kunjungan ke DAHANA kali ini bagian dari ikut serta mengawasi pembangunan daerah dan lingkungan.

“Bisnis DAHANA itu menyebar di Indonesia dan tentunya nama Subang juga ikut terangkat, karena sekarang  nama Subang melekat dengan DAHANA,” ujar ketua Komisi III.
Pada kesempatan ini pula, salah satu anggota dewan lainnya menanyakan langkah dan sikap DAHANA terhadap lingkungan mulai dari cara pengelolaan dan penanganan limbah, dan keikutsertaan peduli terhadap pembangunan sekitar.

Mamat Ruhimat, Sekretaris Perusahaan DAHANA, ikut serta menjawab pertanyaan para anggota dewan. Ia menegaskan dalam produksinya DAHANA tidak menghasilkan limbah dan untuk masalah lingkungan DAHANA telah memiliki sistem ISO dan Ohsas yang terintegrasi dan telah diaplikasikan.

“DAHANA dalam pembangunannya menggunakan konsep Green, begitupun dengan produksi handaknya. Peledak Dahana itu semakin lama disimpan bukan semakin ganas, namun malah semakin jinak,” terang Mamat.

Begitupun dengan peran DAHANA kepada masyarakat sekitar, Mamat Ruhimat memaparkan ada beberapa program yang telah digulirkan untuk masyarakat,seperti program mitra usaha.
DAHANA dengan PKBL-nya telah ikut serta memberikan sumbangsih dalam pembangunan lingkungan sekitar, seperti kegiatan sumbangan sarana ibadah, beasiswa, kesehatan, dan sarana umum. Sedangkan untuk perekrutan tenaga kerja, DAHANA telah menampung lebih dari 300 orang asal Subang menjadi tenaga kerja langsung dan tenaga kerja tidak langsung.

“Dalam kurun waktu tiga tahun, DAHANA telah ikut serta dalam pembangunan di Subang yaitu melalui pembayaran pajak daerah yang berkisar 44 Milyar,” terang Mamat Ruhimat, Sekretaris Perusahaan.

Dengan kegiatan kunjungan ini, Komisi III DPRD Subang berharap DAHANA terus berupaya bersinergis dengan pemerintah daerah, baik legislatif maupun eksekutif dalam pembangunan daerah.

“Karena DAHANA perusahaan yang sepenuhnya didukung pemerintah tentunya harus ikut serta juga dalam pembangunan daerah dan terus peduli kepada masyarakat sekitar,” kata Bambang Irmayana. (SYA)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888