Pages

Thursday, December 31, 2015

DEEC Bersiap Menghadapi MEA 2016



Awal tahun 2016, pintu gerbang pasar bebas di kawasan Asean akan segara dibuka. Program Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang digadang-gadang akan mulai awal Januari ini akan segera dimulai. Program MEA sendiri terlahir dari hasil kesepakatan negara-negara Asean dalam rangka membentuk komunitas ekonomi di kawasan Asean dalam rangka meningkatkan perekonomian diantara negara-negara Asean.


Dengan dibukanya pintu pasar bebas tentunya masyarakat Indonesia harus siap bersaing dengan negara lainnya dalam meningkatkan tarap perekonomiannya. Salah satu modal untuk menghadapi MEA yaitu bahasa. Dimana dalam berkomunikasi, bahasa yang akan sering digunakan adalah bahasa Inggris.

PT DAHANA (Persero) sebagaimana dalam salah satu nilai budaya perusahaannya, DAHANA memiliki nilai budaya Aliansi Global yakni membangun jejaring seluas-luasnya berlandaskan kemitraan yang setara dan saling menguntungkan untuk mewujudkan menjadi perusahaan kelas dunia yang berada pada peringkat 5 besar di industri jasa peledakan di kawasan Asia.

Pengunaan bahasa Inggris di lingkungan perusahaan juga sudah semakin mendesak dengan kerjasama antara Dahana dan perusahaan luar negeri seperi Perancis, Amerika, Korea dan lain-lain. Bahkan, jika tidak ada aral melintang, Dahana akan memulai operasi di Australia dalam waktu dekat ini.

Untuk mewujudkan hal tersebut, selain harus mampu mengembangkan teknologinya, DAHANA pun tengah mengembangkan SDM nya untuk mahir berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Salah satu cara untuk terus mampu berkomunikasi bahasa Inggris, DAHANA membentuk suatu komunitas yang bernama DEEC (Dahana Easy English Community).

DEEC ini diluncurkan bertepatan dengan acara Duduk Bersama Berbagi Ilmu (DBBI) dengan menghadirkan Tim Hits English, yang merupakan salah satu program aplikasi di Playstore untuk memudahkan belajar bahasa Inggris aktif.

Indra salah satu tim Hits English, menuturkan dalam presentasinya alasan timnya merancang sebuah aplikasi Hits English, salah satunya yakni ingin ikut serta membantu memudahkan dalam belajar bahasa Inggris.

“Kini belajar bahasa inggris tidak perlu biaya mahal, anda tinggal download gratis, dan menggunakannya setiap waktu. Dengan seringnya berbahasa inggris, nantinya kita akan terbiasa” ungkap Indra kepada peserta DBBI awal Desember lalu.

Ia pun menerangkan salah satu hasil penelitian salah satu lembaga riset tentang tes bahasa Inggris pada 910.000 orang dewasa di 70 negara menunjukkan Indonesia berada di urutan ke-32 di bawah Malaysia dan India dengan level kemampuan menengah.

“MEA sebentar lagi dibuka, namun pada kenyataanya kemampuan komunikasi global negara Indonesia masih jauh. Bagaimana kita bisa bersaing di pasar bebas dengan negara lain jika hal ini terus dipertahankan. Sedangkan kompetensi bahasa Inggris menjadi sangat krusial untuk menghadapi persaingan global yang mencakup persaingan SDM, pendidikan, dan perekonomian” ujar Indra.

Indra pun berpendapat, membiasakan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris tidak akan mengancam bahasa Indonesia dan bahasa daerah lainnya. Sebab setiap orang bisa menempatkan diri kapan menggunakan bahasa Indonesia dan kapan menggunakan bahasa Inggris.

Dalam rangka melatih karyawan untuk mampu berbahasa Inggris, DEEC telah membentuk Group pada aplikasi hits english dan aplikasi lainnya seperti Whatsapp. Menurut salah satu penggiat DEEC, mengungkapkan dengan adanya DEEC berharap karyawan-karyawan lainnya bisa sharing dan belajar bersama bahasa Inggris.

“Kita mulai dengan komunikasi melalui pesan di media chatting, kedepan nanti jika kirim pesan via email sudah menggunakan bahasa inggris,ujarnya.

Selain berkomunikasi menggunakan aplikasi Hits English, DEEC juga memanfaatkan aplikasi Whatsapp dengan membuat group WA DEEC.

“Mulai Januari 2016, DEEC membuka kelas online dan ada mentornya. Nanti kita jadwalkan setiap hari Selasa dan Kamis untuk belajar bahasa Inggris bersama. Untuk kelas public speaking atau offline masih beberapa bulan ke depan,” terangnya.

Bagi karyawan Dahana yang tertarik untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris, tentunya bisa menghubungi koordinator DEEC. (SYA)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888