Pages

Thursday, November 19, 2015

Selayang Pandang Energetic Material Center (EMC) PT DAHANA (Persero)



DAHANA membangun Energetic Material Center (EMC) sebagai pusat penelitian, pengembangan dan produksi bahan-bahan berenergi tinggi dan teknologi terkait lainnya yang terdepan se-Asia Tenggara.


Dilandasi dengan budaya inovasi, pengabdian dan kesempurnaan DAHANA, EMC mendorong kemampuan Perusahaan dalam penguasaan dan pengembangan teknologi secara mandiri, pengembangan kualitas SDM, dan peningkatan pelayanan kepada pelanggan.

Pembangunan EMC ini merupakan hasil sinergi BUMN dengan lead PT PP (Persero) sebagai kontraktor yang ditunjuk dengan PT Bina Karya (Persero) dan PT BNI (Persero) Tbk serta PT Telkom (Persero) Tbk. Kawasan EMC terbagi menjadi beberapa zona dan menaungi berbagai fasilitas, termasuk pusat penelitian dan pengembangan, pabrik (termasuk pabrik emulsion, pabrik detonator, pabrik DANFO, Booster dan pabrik Shaped Charges), gudang berikat, laboratorium, pusat pelatihan, dan fasilitas pendukung lainnya.

Di komplek EMC juga tersedia area uji coba bahan peledak yang mumpuni dan berstandar internasional baik untuk uji coba maupun pemusnahan bahan peledak. Sehingga diharapkan dapat mencetak para profesional yang kompeten di bidang bahan peledak dan bahan berenergi tinggi lainnya.

EMC juga mendukung GREEN CONCEPT yang termasuk Land Efficient, Energy Efficient, Water local & environmental friendly material, dan healthy indoor air. Dengan begitu, EMC yang peletakan batu pertamanya oleh Menteri Pertahanan RI pada 4 Desember 2010 lalu ini siap menjadi kebanggaan bangsa dengan mengusung semangat keberpihakan kepada pelestarian alam dan lingkungan sekitarnya.

Dengan dimulainya fase baru ini, DAHANA mempertegas komitmen perusahaan dalam membangun industri nasional di bidang bahan peledak demi kemandirian bangsa dan daya saing dalam peta perekonomian dunia.

KAMPUS DAHANA
DAHANA juga menyadari berada dalam industri yang unik sehingga kebutuhan tenaga kerja khususnya para profesional di bidang bahan peledak dan materi berenergi tinggi relatif sulit didapat. Oleh karena itu, perusahaan mengembangkan pusat pelatihan khusus untuk mencetak tenaga profesional di bidang ini dengan membangun pusat pelatihan dan pengembangan di EMC yang juga disebut  “Kampus”.

Gedung Kampus yang merupakan singkatan Kantor Manajemen Pusat berhasil meraih sertifikat “green building” setelah memenuhi standar yang ditetapkan oleh Green Building Council Indonesia (GBCI) terkait pemenuhan standar GREEN CONCEPT seperti standar tahan gempa, keamanan untuk kebakaran gedung, dan aksesibilitas penyandang cacat.Selain itu, KAMPUS DAHANA juga diganjar dengan penghargaan Juara 1 Kategori Bangunan Gedung Hemat Energi “GEDUNG BUMN” dalam Penghargaan Efisiensi Energi Nasional 2012

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888