Pages

Friday, November 27, 2015

Mahasiswa Pertambangan Trisakti Kuliah di Kampus DAHANA


Seratus dua puluh mahasiswa Teknik Pertambangan Universitas Trisakti Jakarta menggelar kuliah sehari di Kantor Manajemen Pusat (Kampus) PT DAHANA (Persero), Subang. (24/11/2015). Mahasiswa yang rata-rata tengah memasuki semester 7 ini mendapat materi kuliah tentang bahan peledak tambang yang disampaikan oleh Aep Saefudin, Senior Manager Produksi & Pendukung EMC PT DAHANA (Persero).


Edi Jamal, dosen pengampu mata kuliah pengeboran dan peledakan yang ikut serta hadir dalam kegiatan ini, menerangkan kehadiran mahasiswanya ke Kampus DAHANA adalah untuk memperkenalkan handak secara langsung. 

“Kunjungan ini merupakan bagian dari kuliah, yaitu untuk melihat langsung jenis bahan peledak tambang di DAHANA,” terang Edi jamal.

Edi pun menceritakan, sebelumnya dirinya telah lama mengagendakan kegiatan kunjungan ini, namun selalu urung terlaksana. Hingga pada akhirnya, dia bersama mahasiswanya didorong oleh Sudirjo Heru, Manajer Pengadaan & Umum DKK DAHANA yang saat itu tengah menjadi salah satu juri dalam acara Trisakti Student Mining Competition 2015 di Universitas Trisakti Jakarta.

“Kemarin kita bertemu dengan pak Heru di acara Trisakti Studenet Mining Competition, saya sampaikan keinginan kami untuk bisa berkunjung ke Dahana,” terang Edi.

Kedatangannya ke Kampus DAHANA ini merupakan kali pertama bagi mahasiswa teknik pertambangan Trisakti. Ikbal salah satu mahasiswa yang ikut serta dalam kunjungan ini mengungkapkan kehadirannya di DAHANA merupakan bagian dari materi kuliah.

“Ini sama dengan kuliah, edukasi lapangan, jadi mahasiswa yang ikut matkul pengeboran dan peledakan wajib ikut,” terang Ikbal.

Selama kunjungan, mahasiswa mendapat penjelasan tentang Dahana dan produk Dahana. Pada sesi tanya jawab, salah satu mahasiswa bertanya tentang bagaimana mengenal bahan peledak yang tergolong kadaluarsa.

“Bagaimana kita bisa mengetahui bahan peledak dahana yang kadaluarsa?” tanya Rezki, mahasiswa teknik tambang Trisakti.

Aep Saepudin menerangkan untuk mengenal kadar kadaluarsa handak, khususnya handak produk DAHANA, bisa dilihat dari tanggal produksinya. Pada dasarnya, handak meski kadaluarsa masih bisa meledak namun mutu ledakannya yang membedakannya.

“Handak DAHANA memiliki rentang waktu kualitas mutunya, kami katakan ini masa kadar kadaluarsa. Kekuatan handak DAHANA seperti Danfo itu kekuatan mutunya sekitar 6 bulan, Emulsion 12 bulan, CE 2 tahun dan Shaped charges 5 tahun,” papar Aep Saepudin menjawab pertanyaan. (SYA)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888