Mungkin kita pernah mendegar dari berbagai jenis spesies makhluk hidup yang ada di bumi
saat ini, hanya ada sebagian kecil saja yang dapat bertahan hidup dan sebagian besar spesies kuno telah punah.
Para peneliti memprediksi beberapa hal yang menjadi penyebab kepunahan, salah
satunya adalah ketidakmampuan suatu spesies untuk berevolusi dan mampu menyesuaikan serta
beradaptasi dengan cepat
terhadap perubahan lingkungan, begitupun dengan perusahaan, banyak perusahaan yang
sangat besar dan sangat terkenal pada masa sebelumnya saat ini namanya sudah
tidak terdengar lagi.
Pada saat ini orang sering mengatakan situasi saat ini banyak ketidak
pastian terutama soal ekonomi dan tidak bisa diprediksi secara tepat, jangankan
memikirkan masa yang akan datang memikirkan situasi saat ini juga sudah susah, seorang ahli filsafat Yunani kuno yang bernama Heraclitus pernah berkata
bahwa didunia ini tidak ada yang permanen, kecuali perubahan dan sampai saat
ini kita mungkin masih bisa sepakat
bahwa yang pasti di dunia ini adalah perubahan.
Oleh karena itu perusahaan yang dapat bertahan hidup hanyalah perusahaan
yang mampu beruban dan menyesuaikan diri serta dapat beradaptasi secara cepat
terhadap perubahan lingkungannya, baik lingkungan ekternal maupun lingkungan
internal perusahaan, lingkungan selalu berubah setiap saat ada kompetitor baru,
produk baru, teknologi baru atau cara kehidupan baru (life style), ini merupakan bagian dari kenyataan hidup dan akan
menimpa setiap perusahaan, apabila perusahaan mengabaikan fakta-fakta dari
kenyataan tersebut perusahaan lambat laun akan seperti spesies kuno yang punah.
Perubahan juga dilakukan tidak hanya cukup dengan melakukan penyesuaian
atau modifikasi supaya memungkinkan organisasi lebik cocok dapat beradaptasi
terhadap lingkungannya, namun harus juga mampu bisa membangun organisasi lebih
cepat, if excellent is possible, then
best is not enough.
Dilain pihak banyak orang yang resistensi terhadap perubahan dengan
berbagai alasan kepentingan, namun walau begitu perubahan tidak bisa
dihindarkan dan harus dihadapi, oleh karena itu diperlukan satu manajemen
perubahan agar proses dan dampak dari perubahan tersebut mengarah pada titik
positif.
Perubahan selalu terjadi dan pasti akan terjadi, dengan lingkungan sangat
dinamis organisasi harus memiliki kemampuan dan kepekaan untuk bisa membaca
mengenali tanda-tanda perubahan-perubahan yang terjadi didalam maupun diluar
organisasi serta mampu memperhitungkan dampak dari perubahan-perubahan yang
terjadi terhadap organisasi baik saat ini maupun pada masa yang akan datang.
Masa depan perusahaan seperti kita melihat ruang hampa yang harus di isi
oleh keinginan dan imajinasi, masa depan harus kita ciptakan oleh karena itu
organisasi harus mampu memberi kejelasan mengenai visi untuk memandu para
anggotanya dalam membangun berbagai perfektif pandangan kolektif tentang potensi
masa depan.
Masa depan perusahaan dimanifestokan dalam rencana jangka panjang
perusahaan dan rencana jangka panjang merupakan satu ikatan tali yang tidak
terputus dari kondisi bisnis perusahaan saat ini termasuk rencana jangka pendek,
banyak orang bertanya seberapa lama waktu rencana jangka panjang perusahaan,
kalau kita bertanya pada Karyawan baru mungkin jawabannya selama saya bekerja,
bisa 30-35 tahun ke depan perusahaan harus tetap ada malah harus tumbuh dan
berkembang (going concern). Oleh
karena itu membangun masa depan punya tantangan yang lebih besar ketimbang meningkatkan
performa kinerja perusahaan saat ini, organisasi
harus membuat peta jalan (blue print)
dan pola sendiri, menciptakan jalur baru serta secara terus menerus dikaji
ulang, diperdalam dan disesuaikan dengan keadaan. Membangun masa depan perlu
energi yang besar dan konsisten, pengalaman, pengetahuan kompetensi yang
dipunyai saat ini mungkin tidak relevan lagi untuk saat yang akan datang.
Persaingan masa depan adalah persaingan untuk menciptakan peluang-peluang baru
dengan ruang bersaing baru.
Kalau kita melihat posisi bisnis Dahana saat ini lebih banyak bertumpu
kepada sumber alam yang pasti terbatas dan akan habis, masa depan kita sudah di-state dalam visi, ingin menjadi yang
terunggul dalam bidang energetic material,
maka bisnis masa depan kita akan berputar haluan dan lebih bertumpu kepada renewable produk dan jasa yang saat ini
mulai dirintis, mari masa depan kita ciptakan bersama. (dimuat juga dalam
Rubrik Kata Manajemen Majalah Dfile Edisi 73).
No comments:
Post a Comment