Pages

Thursday, September 17, 2015

Heri Heriswan: “Perubahan Menuju Masa Depan”




Mungkin kita pernah mendegar dari berbagai jenis spesies makhluk hidup yang ada di bumi saat ini, hanya ada sebagian kecil saja yang dapat bertahan hidup dan sebagian besar spesies kuno telah punah. Para peneliti memprediksi beberapa hal yang menjadi penyebab kepunahan, salah satunya adalah ketidakmampuan suatu spesies untuk berevolusi dan mampu menyesuaikan serta beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan lingkungan, begitupun dengan perusahaan, banyak perusahaan yang sangat besar dan sangat terkenal pada masa sebelumnya saat ini namanya sudah tidak terdengar lagi.


Pada saat ini orang sering mengatakan situasi saat ini banyak ketidak pastian terutama soal ekonomi dan tidak bisa diprediksi secara tepat, jangankan memikirkan masa yang akan datang memikirkan situasi saat ini juga sudah susah, seorang ahli filsafat Yunani kuno yang bernama Heraclitus pernah berkata bahwa didunia ini tidak ada yang permanen, kecuali perubahan dan sampai saat ini  kita mungkin masih bisa sepakat bahwa yang pasti di dunia ini adalah perubahan.

Oleh karena itu perusahaan yang dapat bertahan hidup hanyalah perusahaan yang mampu beruban dan menyesuaikan diri serta dapat beradaptasi secara cepat terhadap perubahan lingkungannya, baik lingkungan ekternal maupun lingkungan internal perusahaan, lingkungan selalu berubah setiap saat ada kompetitor baru, produk baru, teknologi baru atau cara kehidupan baru (life style), ini merupakan bagian dari kenyataan hidup dan akan menimpa setiap perusahaan, apabila perusahaan mengabaikan fakta-fakta dari kenyataan tersebut perusahaan lambat laun akan seperti spesies kuno yang punah.

Perubahan juga dilakukan tidak hanya cukup dengan melakukan penyesuaian atau modifikasi supaya memungkinkan organisasi lebik cocok dapat beradaptasi terhadap lingkungannya, namun harus juga mampu bisa membangun organisasi lebih cepat, if excellent is possible, then best is not enough.

Dilain pihak banyak orang yang resistensi terhadap perubahan dengan berbagai alasan kepentingan, namun walau begitu perubahan tidak bisa dihindarkan dan harus dihadapi, oleh karena itu diperlukan satu manajemen perubahan agar proses dan dampak dari perubahan tersebut mengarah pada titik positif.

Perubahan selalu terjadi dan pasti akan terjadi, dengan lingkungan sangat dinamis organisasi harus memiliki kemampuan dan kepekaan untuk bisa membaca mengenali tanda-tanda perubahan-perubahan yang terjadi didalam maupun diluar organisasi serta mampu memperhitungkan dampak dari perubahan-perubahan yang terjadi terhadap organisasi baik saat ini maupun pada masa yang akan datang.  

Masa depan perusahaan seperti kita melihat ruang hampa yang harus di isi oleh keinginan dan imajinasi, masa depan harus kita ciptakan oleh karena itu organisasi harus mampu memberi kejelasan mengenai visi untuk memandu para anggotanya dalam membangun berbagai perfektif pandangan kolektif tentang potensi masa depan.

Masa depan perusahaan dimanifestokan dalam rencana jangka panjang perusahaan dan rencana jangka panjang merupakan satu ikatan tali yang tidak terputus dari kondisi bisnis perusahaan saat ini termasuk rencana jangka pendek, banyak orang bertanya seberapa lama waktu rencana jangka panjang perusahaan, kalau kita bertanya pada Karyawan baru mungkin jawabannya selama saya bekerja, bisa 30-35 tahun ke depan perusahaan harus tetap ada malah harus tumbuh dan berkembang (going concern). Oleh karena itu membangun masa depan punya tantangan yang lebih besar ketimbang meningkatkan performa kinerja perusahaan saat ini,  organisasi harus membuat peta jalan (blue print) dan pola sendiri, menciptakan jalur baru serta secara terus menerus dikaji ulang, diperdalam dan disesuaikan dengan keadaan. Membangun masa depan perlu energi yang besar dan konsisten, pengalaman, pengetahuan kompetensi yang dipunyai saat ini mungkin tidak relevan lagi untuk saat yang akan datang. Persaingan masa depan adalah persaingan untuk menciptakan peluang-peluang baru dengan ruang bersaing baru.

Kalau kita melihat posisi bisnis Dahana saat ini lebih banyak bertumpu kepada sumber alam yang pasti terbatas dan akan habis, masa depan kita sudah di-state dalam visi, ingin menjadi yang terunggul dalam bidang energetic material, maka bisnis masa depan kita akan berputar haluan dan lebih bertumpu kepada renewable produk dan jasa yang saat ini mulai dirintis, mari masa depan kita ciptakan bersama. (dimuat juga dalam Rubrik Kata Manajemen Majalah Dfile Edisi 73).

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888