Pages

Friday, September 25, 2015

Dahana Bangun OSP Pertama di Site Tambang Semen


Guna  melayani  peledakan  dengan  produk  emulsi  Dabex  di  pertambangan limestone   di  PT Semen Padang, PT DAHANA (Persero) telah membangun On Site Plant (OSP) di kawasan pertambangan batu kapur di site PT Semen Padang.

OSP yang telah dibangun di site PT Semen Padang akan menghasilkan blend emulsion 70:30, dengan kapasitas produksi lebih kurang 1 ton per batch  untuk memenuhi kebutuhan emulsion blend PT Semen Padang.   Sebelum  menggunakan produk Dabex, PT Semen Padang menggunakan Anfo di pertambangan batu kapurnya.

Untuk menunjang kegiatan di lapangan dalam penggunaan Dabex, PT Dahana menggunakan satu truk Mobile Manufacturing Truck (MMT) ukuran mini dengan kapasitas 6 ton .

Menurut GM Divisi Kuari & Konstruksi Asep Maskandar, penggunaan Dabex oleh PT Semen Padang merupakan yang pertama kalinya di Indonesia. Sampai saat ini, seluruh perusahaan semen di Indonesia menggunakan Anfo sebagai bahan peledak di site tambangnya.

Pemakaian Dabex di industri semen ini bisa jadi angin segar bagi PT Dahana yang memang sedang gencar mengenalkan produk emulsinya di industri sektor kuari,” terang Asep Maskandar.

Sebagaimana diketahui, produk emulsi dikenal memiliki tingkat energi ledakan yang lebih besar dan lebih tahan terhadap air (lubang basah), ketimbang Anfo. Dengan kelebihan tersebut, penggunaan emulsi di lapangan didapat per BCM hasil peledakan lebih kompetitif dan fragmentasi batuannya yang dihasilkan lebih kecil dibandingkan ANFO, sehingga dapat ekspansi geometri peledakan, menghemat biaya pengeboran, menghemat pemakaian accesories bahan peledak dan efisiensi waktu karena tidak perlu ada kegiatan dewatering dan proses pengisian yang cepat.

Di samping itu, dengan penggunaan Non Electric Detonator sebagai asesoris bahan peledak Dabex yang mirip selama ini mampu menghasilkan tingkat getaran dan suara lebih rendah dibanding Anfo, sehingga meminimalkan efek buruk dari pertambangan semen yang kerap dikeluhkan masyarakat sekitar pertambangan.

Di Site PT Semen Padang ini, DAHANA diperkuat oleh lima personil handal dan berpengalaman di bidang peledakan.  Menurut Melandra, salah satu anggota tim DAHANA,  tantangan utama yang dihadapi adalah menjaga konsistensi OSP di sektor semen di Indonesia.

“Karena hal yang baru ada di dunia industri semen di Indonesia dan merupakan contoh untuk perusahaan semen lainnya,” terang Melandra kepada Dfile.

Tidak menutup kemungkinan,  ke depan DAHANA akan melayani khususnya bahan peledak emulsion pada semua industri semen yang berada di Indonesia. (oel)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888