Pages

Monday, August 3, 2015

Kemarau, Dahana Waspada Kebakaran



Musim kemarau yang sudah berlangsung beberapa bulan membuat banyak tanaman mengering.  Potensi bahaya kebakaran lahan semakin besar.  Alarm tanda bahaya pun mulai berdering.

PT DAHANA (Persero) yang berlokasi di Kabupaten Subang yang memiliki luas lahan hampir 600 hektar tak luput dari kekeringan.  Tanaman, rumput dan ilalang nampak menguning. Kondisi itu terlihat jelas di area halaman Kampus Dahana, di dalam Ring 1 bahkan di zona terluar DAHANA.


Kondisi kekeringan ini membuat ‘pasukan pemelihara tanaman’ bekerja ekstra keras dengan menyiraminya secara rutin.  Namun ada satu hal yang menjadi perhatian khusus DAHANA kala musim kemarau seperti ini, waspada kebakaran. Rumput dan ilalang serta tumbuhan lainnya yang ikut mengering bisa saja dengan mudah terbakar yang berdampak terjadi kebakaran lahan.

Untuk mengantisipasi kebakaran lahan, DAHANA telah mengerahkan tim keamanan untuk siaga dan waspada kebakaran lahan. Diman Chardiman, Manajer Keamanan DAHANA, mengatakan telah memberikan intruksi kepada seluruh personel untuk bekerja ekstra selain menjaga keamanan, diberi tugas juga untuk mengawasi terjadinya kebakaran lahan.

“Kita sudah instruksikan semua personil untuk memantau situasi dan kondisi. Selain berpatroli, kita tugaskan juga personil naik ke manara air untuk meninjau keadaan, ditakutkan ada titik api,” terang Diman kepada Dfile. Kamis (30/7).

Diman pun berpendapat, untuk menjaga lingkungan dari bahaya kebakaran, maka perlu adanya kepedulian sesama untuk bersama memantau keadaan sekitar. Sebagai salah satu bentuk kewaspadaan, mobil pemadam kebakaran pun dipersiapkan dan ditempatkan di area yang strategis.

“Mobil damkar sudah disiapkan. Begitupun dengan personilnya sudah siaga,” ungkapnya.

Menurut Diman, upaya siaga dan waspada kebakaran lahan perlu dikomunikasikan dengan masyarakat yang berada area PT DAHANA (Persero), dan mengajaknya turut bersama-sama menjaga lingkungan.

“Bagusnya, kita sudah berkomunikasi dengan masyarakat tentang bahaya kebakaran. Dan menghimbau masyarakat untuk sama-sama menjaga lingkungan dan waspada,terang Diman.

Kedepan, Diman ingin mempersiapkan personil khusus penanganan kebakaran, karana untuk saat ini personil pemadam kebakaran masih rangkap sebagai personil Satuan Keamanan Dahana. (SYA)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888