Pages

Tuesday, August 4, 2015

DAHANA Sukses Terapkan Total Service Solution di Site KBK Mirah

Di tambang emas KBK Mirah, DAHANA mampu membuktikan diri sebagai perusahaan penyedia jasa peledakan berkelas total solution dunia. Selain inovasi, pengelolaan fasilitas produksi yang meliputi OSP, unit Mobile Manufacturing Truck (MMT), Drilling, serta SDM menjadi kunci DAHANAsebagai satu-satunya pemain dalam negeri yang mampu berbicara banyak dalam kompetisi industri peledakan yang sarat teknologi tinggi.

Setahun lebih pasca beroperasinya On Site Plant (OSP) di site tambang PT Kasongan Bumi Kencana (KBK) Mirah, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, PT DAHANA (Persero) terus meningkatkan kualitas layananannya. Upgrade layanan ini dilakukan dengan peningkatan produksi bahan peledak emulsionmatrix untuk menambah frekuensi blasting services di site KBK Mirah.
Penambahan intensitas peledakan ini dilakukan setelah perusahaan pemegang kontrak karya ini tengah mengebut pengerjaan 4 konsesi tambang barunya, antara lain Pit Bakam, Pit Lebar, Pit Kuning, dan Pit Gundul.

Peledakan di 4 lokasi tambang emas tersebut membuat kebutuhan bahan peledak emulsi membengkak. Di Site KBK, OSP berkapasitas terpasang 27 ton produksi emulsi per shift ini mampu memasok bahan peledak emulsi untuk keseluruhan lokasi tambang tersebut. Dengan inovasi pencampuran, produksi bahan peledak Dabex for Reactive Ground (FRG) di OSP ini bahkan bisa dilakukan kurang dari 3 jam.

Kemampuan ini membuat pasokan bahan peledak tetap terjaga sejak OSP KBK Mirah resmi dioperasikan pada Desember 2013 lalu. Kecepatan produksi tersebut dilakukan untuk mengimbangi kebutuhan total 7 shift pengeboran. ”Sejak awal 2014 jumlah freedig material berkurang, dan untuk memenuhi supply ore ke pabrik sekitar 60 K kita harus melakukan pemindahan waste sekitar 900 K, telah menggunakan 3 mesin bor di shift siang serta 4 mesin bor secara continue di shift malam,” ujar Herry Sudaryanto, GM Divisi Tambang Umum1.

Sementara untuk mengoptimalkan peledakan, kata Herry, DAHANA menempatkan satu truk transfer yang mampu memuat 10 ton emulsion untuk mendukung operasi Mobile Manufacturing Truck (MMT) berkapasitas 14 ton matrix. ”Untuk perbaikan efisiensi perasional, DAHANA telah mengoperasikan satu unit transfer truck emulsion,” ungkap Herry.

Penilaian positif atas kinerja DAHANAdi site emas ini diakui oleh Mining Manager PT KBK V.Agus Supriyanto. Menurutnya, BUMN yang telah berhasil mengaplikasikan bahan peledak FRG yang juga baru saja dipatenkan inimemiliki tim yang solid. ”Sejauh ini DAHANA telah memberikan hasil kerja kerasnya, dengan pencapaian broken muck as sekuen target penggalian, dan ini ditunjukkan dengan pencapain target metal yang sesuai target,” ungkap Agus.

Sementara dari sisi keselamatan kerja (safety), DAHANA pun mampu membuktikan diri sebagai kontraktor peledakan dengan level safety yang memuaskan. ”Catatan safety cukup baik dengan 1 LTA (loss time accident) sejak beroperasi di site KBK Mirah. Tim DAHANA telah menunjukkan semangat untuk membantu KBK dalam menjalankan good mining practices.
Semua itu membuat biaya drilling dan blasting bisa dikatakan sangat baik dan bisa dibanggakan,” lanjut Agus Supriyanto.

Dengan catatan-catatan level keamanan tersebut, tak berlebihan jika pihak KBK mengharapkan DAHANAterus meningkatkan standar keamanannya, yang bukan lagi national class, tetapi juga mencapai world class dalam aspek keamanan operasi. Kendati demikian, semua pencapaian di lapangan tersebut tidak lantas membuat Tim DAHANAberpuas diri.
Perbaikan layanan terus dilakukan dengan melahirkan inovasi-inovasi baru sebagai solusi untuk konsumen.

”DAHANA terus melakukan perbaikanperbaikan dan inovasi untuk mendukung keberhasilan bisnis konsumen. Sementara perbaikan dan pengembangan produk dilakukan pada aksesoris bahan peledak, pencampuran bahan peledak, optimalisasi utilitas alat berat, dan alat bantu peledakan di lapangan,” terang Herry Sudaryanto meyakinkan. Inovasi dan Solusi di Lapangan Kompetisi di sektor jasa peledakan yang dinamis dan sarat teknologi, membuat perusahaan dituntut untuk selalu berinovasi.
Inovasi dan solusi di lapangan ini membuat perseroan tak hanya menjual jasa peledakan saja, namun juga memberikan solusi dan alternatif untuk menunjang efisiensi biaya serta kualitas ledakan pada konsumen perusahaan.

Harapan konsumen terhadap inovasi produk dijawab oleh Tim DAHANA, salah satunya dengan aplikasi bahan peledak Dabex FRG. Sebelumnya, pengaplikasian Dabex FRG ini juga telah dikuatkan dalam penandatangan nota kesepahaman antara DAHANAdan KBK dihadapan Presiden Jokowi dalam National Innovation Forum (NIF) 2015 di Serpong pada 13April 2015 lalu. Hadir pada waktu itu Presiden Direktur PTKBK GautamaHartarto.

DABEX FRG yang diproduksi di Energetic Material Center milik DAHANA di Subang ini sendiri merupakan solusi terhadap masalah di site tambang KBK di Katingan. Di site tambang emas tersebut, kondisi batuan memiliki sifat sangat reaktif sehingga menyebabkan bahan peledak yang sudah ditanam meledak dengan sendirinya karena dipicu perubahan reaksi tanah. Reactive ground menyebabkan reaksi yang merupakan akibat dari kondisi batuan yang mengalami perubahan suhu sangat cepat, karena dipicu medan listrik bumi atau faktor lain seperti panas geotermal.

Di sisi lain, total services solution tak bisa berjalan tanpa kecukupan pasokan bahan peledak serta ketepatan waktu distribusinya dan penyiapan lubang tembak. Untuk itu, menurut Herry, pengelolaan performance unit produksi harus menomorsatukan mesin bor, MMT dan OSP yang ada di KBK Mirah.

”Untuk itu sangat diupayakan peningkatan kelancaran dan ketersediaan suku cadang (spare part) yang dibutuhkan. Selain itu hal pendukung lainnya ialah kecakapan mekanik, tentunya dengan ketersedian tools harus terpenuhi. Tidak hanya kuantitas produksi yang terpenuhi namun kualitas produksi juga harus terpenuhi pula sesuai dengan apa yang diinginkan oleh PT KBK,” jelasnya.
Sementara itu, pengelolaan sumber daya manusia (SDM) pun begitu diperhatikan. Rolling shift dan ritme kerja yang dikreasikan DAHANA membuat karyawan bisa bekerja dengan produktivitas yang tinggi untuk menunjang layanan yang maksimal.

”Pengelolaan SDM yang optimal, dengan sangat memperhatikan jam kerja karyawan, waktu istirahat dan hal ini ditujukan untuk menjaga kesegaran dan konsentrasi karyawan dalam bekerja dengan harapan selalu terjaganya kualitas produksi,” ujar Herry.

Herry menyebut, hingga saat ini, total tenaga kerja yang ditempatkan di Site KBK mencapai 47 orang yang meliputi 4 orang staf, 10 orang tim peledakan, 27 orang operator mesin drilling, dan 6 orang mekanik.

”Selain itu, dengan keberadaan 5 unit alat besar drilling, membuat tingkat kesulitan yang dihadapi cukup menantang, terutama menjaga performance unit drilling tersebut,” pungkas Herry.

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888