Pages

Wednesday, July 29, 2015

Memulai Usaha dengan Modal Dahana



Banyak cara tuhan memberi ujian pada hambaNya. Dengan kesenangan ataupun dengan duka. Tuhan punya kehendak atas rencana hambaNya.    Hal itu dirasakan betul oleh Ela.

Peristiwa hangusnya ratusan kios Pusat Jajanan Serba Ada (Pujasera) Subang di tahun 2012, menjadi peristiwa duka bagi keluarga Ela. Pasalnya kios buah-buahannya turut dilalap si jago merah.


Toko yang bertahun-tahun dirintisnya, saat itu, begitu saja jadi puing-puing. Sulit baginya memulai merintis usahanya.  "Saat itu saya bingung, harus memulai darimana lagi" ujar Ela disela-sela Bazaar Ramadhan PT DAHANA di Masjid Al Akhdhar (09/07).

Beruntung suaminya, Ketut ikut serta mendukung Ela untuk memulai kembali menjalankan bisnisnya. Meski Ketut berprofesi sebagai guru, tak jarang dia ikut turun membantu istrinya dalam berdagang.

Untuk memulai usahanya, Ela pada akhirnya merubah rencana bisnisnya. Semula bisnis buah-buahan beralih berdagang kerudung.

"Kerudung saat itu sudah mulai populer dan trend.  Dan saya berdagang mulai dari nol lagi, ungkap Ella.

Ketut menceritakan perjalan istrinya yang memulai usaha kembali dari nol. Saat itu salah satu kendala mereka adalah modal. Ditengah kerisauannya, melalui temannya, Ketut mendapat informasi tentang PKBL PT DAHANA (Persero).  "Meski saya baru tahu DAHANA, saat itu saya beranikan diri mengajukan pinjaman," terang Ketut.

Meski jumlah yang didapat tidak sesuai harapan, namun dinilai cukup untuk modal merintis usahanya.  Ketut dan Ela mulai mengembangkan bisnis kerudungnya dengan nama kiosnya 'Rachel Kerudung'.

Tahun 2012 tokonya belum berkembang.  Baru di tahun 2013 bisnisnya semakin berkibar dan maju.
"Alhamdulillah tahun berikutnya toko kami semakin maju. Malah kami mampu melunasi pinjaman ke PKBL lebih cepat dari waktu yang dintetukan," terang Ketut.

Kini toko Rachel kerudung yang berlokasi di Komplek Terminal Pujasera telah memiliki dua kios. Dan rencananya akan mengembangkan membuat kios baru di tempat lain. (SYA).

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888