Pages

Thursday, June 25, 2015

PSDMO DAHANA: Tenaga Luar Pun Harus Berstandar Indonesia



Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Mineral dan Batu Bara (Minerba), akhir Mei 2015 lalu kembali membawa rombongan peserta pelatihan juru ledak kelas 1 ke Energetic Material Center (EMC) PT DAHANA (Persero) yang berlokasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Peserta yang berjumlah 18 orang ini berasal dari perusahaan tambang galian dan produsen bahan peladak di Indonesia, termasuk di dalamnya beberapa peserta dari PT DAHANA (Persero) yang ikut serta pelatihan mengembangkan kompetensi khusus dalam penggunaan bahan peledak tingkat tinggi untuk mencapai produktivitas tinggi namun dilakukan dengan efektif, efisien, selamat dan ramah lingkungan.

Di kantor pusat Dahana, peserta diperkenalkan dengan produk unggulan Dahana yang notabene produk buatan dalam negeri yang juga tidak kalah bersaing dengan produk dari luar. Peserta juga  dikenalkan dengan pencapaian dan penghargaan yang telah diperoleh oleh DAHANA.

Bayu Anggoro, Senior Manager Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Organisasi (PSDMO) DAHANA, dalam kata sambutannya menerangkan Indonesia saat ini sudah memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI), dan produk Dahana sudah sesuai dengan SNI.

“Seharusnya produk yang berasal dari luar itu harus ikut Standar kita, SNI. Begitupun dengan tenaga kerja dari luar harus ikut standard yang berlaku di Indonesia. Seperti pelatihan ini, tenaga dari luar pun harus ikut,agar sesuai dengan standard Indonesia,” terang Bayu.

Peserta KJL 1 ini mengikuti pelatihan selama 19 hari terhitung mulai tanggal 25 Mei sampai tanggal 11 Juni 2015. Selama pelatihan mereka mendapatkan materi detil tentang Kebijakan Pengelolaan Peledakan pada Pertambangan Minerba, Perizinan Bahan Peledakan, Teori Peledakan, Geomekanika Batuan dalam Peledakan. Tak ketinggalan Peledakan Tambang Terbuka, Bawah Air dan Tambang Bawah Tanah. Materi lainnya adalah Dampak dan Ekonomi Peledakan, Desain Peledakan, Pemboran untuk Lubang Ledak, dan Aplikasi Elektronik Detonator. (SYA)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888