Pages

Thursday, June 25, 2015

Ketika Peserta KJL 1 Menjadi Instruktur




Ada pemandangan unik di Pabrik Nonel PT DAHANA (Persero). Dimana pada tangal 29 Mei 2015, peserta juru ledak kelas 1 dari Pusat Pendidikan dan Latihan Mineral dan Batu Bara (Pusdiklat Minerba) berkunjung ke Energetic Material Center. Saat itu, peserta yang berasal dari perusahan tambang galian dan produsen handak diperkenalkan dengan kawasan Energetic Material Center (EMC) dan juga produk-produk DAHANA.

Selain menyaksikan langsung peledakan uji mutu di area bunker, peserta pun diajak masuk ke pabrik detonator non elektrik. Peserta pun disambut oleh salah satu karyawan disana, dan mendapat arahan serta keterangan-keterangan tentang detonator nonel.

Namun nampaknya si pemberi arahan merasa gugup, selain mendapat pertanyaan-pertanyaan dari peserta, diantara rombongan peserta terdapat ‘bapaknya’ yakni Ivan Angga Maulana, Asisten Manager Produksi Usaha Nonel PT DAHANA (Persero).

Akhirnya Ivan pun diminta maju untuk memberi arahan, karena dianggap sebagai tuan rumah yang paling tahu seluk beluk Nonel.

“Saya juga kan peserta, sebelumnya maaf ya pak,” ucap Ivan sambil terenyum.

Ivan pun, memberikan arahan tentang nonel dan menjawab pertanyaan-pertanyaan peserta. Mengajak peserta menguji mutu delay Detonator nonel dan menguji kekuatan cepat rambat inisiasi shoucktube jika tergores atau bahkan putus.

Ivan begitu lancar dalam menerangkan produk Nonel. Hal ini sama seperti biasa yang dilakukannya jika ada kunjungan konsumen ke pabrik Nonel.

“Nah ini yang namanya peserta yang jadi Instruktur,” celoteh salah seorang peserta. (SYA)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888