Pages

Friday, May 8, 2015

Siswa Bintara Munisi ‘Sekolah’ di Kampus Dahana



Rabu 7 Mei 2015, Kampus Dahana kembali kedatangan rombongan pasukan berseragam “loreng”. Kali ini giliran Pusat Pendidikan Peralatan (Pusdikpal) Angkatan Darat yang membawa siswa didiknya untuk Praktek Kerja Lapangan (PKL), meninjau langsung Kawasan Energetic Material Center (EMC), sebuah kawasan yang  terintegrasi dalam pengembangan bahan peledak, termasuk didalamnya terdapat pabrik, pergudangan, dan sarana diklat untuk pembinaan sumberdaya di bidang peledakan.


Dua puluh siswa ini merupakan siswa Kursus Bintara (Susba) Munisi. Siswa ini berasal dari beberapa daerah dan satuan yang berada di Indonesia. Dalam bertugas, mereka dalam kesehariannya selalu bersentuhan dengan peralatan senjata dan bahan peledak.

Di ruang Smart Room Gedung Diklat Kampus Dahana, para siswa mendapat paparan mengenai klasifikasi bahan peledak dan pengembangan arah bisnis PT DAHANA (Persero) yang disampaikan oleh Bagus Teguh, Senior Manajer K3LH & Teknologi.

"Dahana kini tengah kembali pada khittahnya saat Dahana didirikan dulu,  yakni ikut serta mengembangkan bahan peledak militer. Kita tengah mempersiapkan pabrik propelan untuk isian roket dan juga peluru," ujar Bagus.

Salah seorang pembimbing siswa, Budiarto sangat mengapresiasi apa yang tengah dilakukan oleh PT DAHANA.  "Ini sebuah langkah bagus untuk Dahana, kembali ikut serta mengembangkan bahan peledak militer. Jika kita mapan dan mandiri dalam hal ini, kita tidak perlu takut dengan embargo negara lain," kata Budiarto.

Para siswa diajak berkeliling kawasan Energeti Material Center, termasuk area Ring 1.  Di sana, siswa  meninjau langsung fasilitas yang ada didalam EMC dan menyaksikan langsung proses uji mutu peledakan bahan peledak di area bunker. (Sya)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888