Pages

Friday, May 8, 2015

Siswa Bintara Munisi Berkenalan Dengan Detonator Dahana



Hari semakin, siang terik matahari cukup menyengat dikulit, namun nampak seperti berbeda dengan yang dirasa oleh dua puluh siswa Kursus Bintara Munisi Pusat Pendidikan Peralatan  (Pusdikpal) Angkatan Darat yang sedang berdiri berbaris di halaman area bunker untuk melihat proses uji mutu peledakan bahan peledak hasil produksi Dahana pada 7 Mei 2015.


Secara bergantian siswa masuk ke dalam bunker, melihat langsung bagaimana cara handak dirakit. Sebelumnya mereka mendapat penjelasan jenis bahan peledak yang akan diledakkan. Kali ini bahan peledak yang diledakkan adalah Dayagel Magnum dan Pentolite Booster ukuran 100 gram dengan inisiasi ledakan menggunakan detonator listrik.

"Boomb..bomb..bomb," tiga kali suara bahan peledak meledak secara bertautan, bunkerpun mengeluarkan asap. Para siswapun puas melihat bagaimana uji mutu bahan peledak yang dilakukan oleh Dahana.

Setelah melihat proses peledakan, para bintara ini pun diajak berkunjung ke pabrik Detonator Non Elektrik (nonel).  Sebuah inisiator bahan peledak yang belum pernah digunakan oleh Pusdikpal untuk kepentingan militer.

"Dengan menggunakan Nonel, ada beberapa kelebahan yang didapat, kita tidak perlu takut dengan adanya gelombang listrik yang mengakibatkan ledakan prematur, dan tidak perlu khawatir dengan adanya konsleting karena air," terang Bagus Teguh kepada para siswa.

Detonator jenis Nonel hanya bisa bereaksi jika diinisiasi oleh alat khususnya yaitu Shucktube Inisiator. Bagus pun mengajarkan para siswa bagaimana cara merangkai shocktube dengan menggunakan blok konektor.

"Ini cara membedakan shocktube, mana yang sudah digunakan dan belum digunakan. Lihat perbedaannya," terang Bagus sambil memperagaka. (Sya)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888