Pages

Wednesday, May 6, 2015

Pelajari Bahan Peledak Komersil, Kopassus Sambangi Kampus Dahana



Hampir disetiap tahunnya, Pusat Pendidikan Khusus Kopassus (Pusdikpasus) selalu membawa para siswanya berkunjung ke Energetic Material Center (EMC) PT DAHANA (Persero). Dalam satu tahun, bisa dipastikan siswa Pusdikpasus dua kali berkunjung ke DAHANA.


Jacob, Komandan Khusus Zeni Demolisi Pusdikpasus, membenarkan bahwa selama ini Pusdikpasus dalam mempelajari handak komersil selalu membawa siswa didiknya ke PT DAHANA (Persero).

“Dahana adalah perusahaan pembuat handak komersil, dan tentunya, sangat memahami karakteristik dan bahan pembuatan handak komersil. Jadi kami selalu membawa siswa kami kesini untuk lebih mengenal bagaimana handak komersil dibuat,” terang Jacob kepada Dfile. Selasa(22/4).

Kedatangan 29 siswa Kopassus kali ini adalah siswa Kopassus angkatan komando 97 yang tengah mengikuti pendidikan spesialisasi demolisi untuk mempelajari bahan peledak komersil yang biasa digunakan oleh pertambangan.

Paparan tentang handak komersil Dahanapun disampaikan oleh Bagus Teguh, Senior Manajer K3LH & Teknologi PT DAHANA.  Siswa diarahkan untuk lebih mengenal bahan peledak.

“Kenali dulu sifat dan karakteristik bahan peledak, baru selanjutnya bergaul dengan bahan peledaknya. Hanya satu rumusnya, jangan ragu-ragu dengan bahan peledak. Rasa ragu itu ancaman,” terang Bagus memberi nasehat kepada para siswa.

Bagus pun menjelaskan, sebagus apapun kualitas bomb atau bahan peledak, jika tidak mampu merawat dan menjaganya maka kualitasnya bisa menurun. 

“Bahan peledakpun perlu perawatan dan perhatian khusus. Suhu pun bisa mempengaruhi kualitas bahan peledak. Bisa saja handak tidak berfungsi karena perlakuan dalam penyimpanannya kurang baik,” papar Bagus.

Untuk mengetahui bagaimana cara handak komersil diledakkan, para siswapun diajak ke area bunker untuk menyaksikan langsung proses peledakan uji mutu bahan peledak. Beberapa bahan peledak diledakkan di dalam bunker, dentumannya pun dirasakan langsung oleh para siswa yang tengah berdiri kurang dari 5 meter dari bunker tempat bahan peledak itu diledakan.

“Jadi penasaran nih, kalo diledakannya diluar bunker gimana ya, pingin lihat reaksi ledakannya, karena kalau latihan handak militer biasanya kami menyaksikan dari jarak kurang dari satu kilo,” celoteh salah satu siswa. (SYA)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888