Pages

Wednesday, May 6, 2015

May Day, Sejadah Ikut Bersihkan Pelayanan BUMN



Hari Buruh Internasional atau May Day merupakan hari besar para buruh dan karyawan untuk mengekspresikan pendapatnya dalam menuntut kesejahteraan kepada pemerintah dan pada perusahaan. Tanggal 1 Mei, ramai-ramai para serikat pekerja melakukan berbagai aksi, melakukan konsolidasi dan koalisi untuk menyuarakan suara hatinya.


Dalam menyuarakan tuntutannya para pekerja melakukan berbagai macam aksi, ada yang melakukan Demonstrasi, konvoi, karnaval dan juga berbagai macam aksi lainnya. Tidak terkecuali dengan Serikat Pekerja PT DAHANA (Persero) atau biasa disebut Sejadah yang ikut serta turun aksi May Day pada 1 Mei 2015.  Sejadah dengan perwakilan karyawannya ikut serta menjadi bagian dalam aksi peringatan hari buruh Internasional yang diprakarsai oleh Federasi Serikat Pekerja (FSP) Sinergi BUMN.

Siswanti, salah seorang anggota Sejadah yang ikut dalam aksi tersebut menuturkan bahwa aksi peringatan May Day kali ini diisi dengan kegiatan-kegiatan positif bersama para serikat pekerja perusahaan BUMN lainnya.

“Aksi kami kali ini yaitu dilakukan dengan kegiatan positif yaitu bersih-bersih dan penanaman pohon di sekitaran Stasiun Senin,” terang Siswanti kepada DFile.

May Day, kata Siswanti tidak selalu identik demo-demo, membuat macet jalanan atau bahkan melakukan perusakan. Banyak cara dan aktifitas positif yang bisa menunjukan eksistensi keberadaan karyawan itu ada dan juga peduli.

Menurut pemberitaan salah satu media online liputan6.com bahwasanya aksi penanaman pohon dan bersih-bersih fasilitas publik dan sarana pelayanan BUMN di Stasiun Senen yang dilakukan oleh puluhan serikat pekerja BUMN yang tergabung dalam FSP Sinergi BUMN adalah sebuah aksi positif yang mengandung kritik sosial. Dituliskan, pernyataan Ketua Umum FSP Sinergi BUMN, Ahmad Irfan Nasution yang menerangkan bahwa kegiatannya itu adalah sebagai kritik sosial kepada pemerintah. BUMN harus selalu dijaga agar selalu bersih, sehingga bisa menghilangkan pemikiran BUMN sebagai sarang korupsi. BUMN harus dilepaskan dari kepentingan politik kelompok tertentu, baik secara langsung maupun dengan menempatkan tokoh politik pada perusahaan baik direksi, komisaris dan dewan pengawas.Dengan kegiatan May Day menjadikan para pekerja BUMN berkomitmen BUMN selalu bersih. (SYA)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888