Pages

Thursday, April 23, 2015

Ada Pohon Pelangi di Tanah Dahana



Balai Pengkajian Bioteknologi Unit Pembibitan Tanaman dan Penghijauan PT DAHANA (Persero) atau sering disebut Unit Nursery, memiliki banyak koleksi tanaman, mulai dari tanaman hias sampai dengan pohon kayu.

Tanaman dan pohon yang berada di unit nursery ini adalah untuk keperluan penghijaun lahan PT Dahana, untuk taman dan juga untuk hutan buatan yang berada diarea DAHANA yang luasnya hampir 600 hektar.

Diantara ratusan jenis pohon, salah satunya ada pohon yang dibilang cukup unik, pohon ini berasal dari Australia, dimana pohon inipun konon sangat disukai oleh binatang khas Autralia yaitu Koala. Keunikan pohon ini yaitu dari batangnya, jika dilihat sepintas batang pohon ini nampak seperti di cat, bahkan sepintas batangnya berwarna-warni seperti pelangi. Oleh karena keunikannya itu, pohon yang bernama Eucaliptus ini sering disebut juga dengan pohon pelangi.


Sebenarnya Warna-warni di batang pohon ini berasal dari kulit pohon yang sering terkelupas. Pohon ekaliptus memang sering berganti kulit. Tetapi, lapisan-lapisan kulit pohon ini tidak mengelupas pada saat yang bersamaan.

Begitu lapisan kulit luarnya hilang, warna hijau pada lapisan dalamnya kelihatan. Lalu, kulit-kulit baru pun tumbuh. Kulit baru itu kemudian berubah warna menjadi biru, oranye, merah, dan lain sebagainya. Ini membuat batang Rainbow eucalyptus berwarna-warni seperti pelangi.

Arthur Sitanggang, Kepala Unit Nursery PT DAHANA (Persero) mengatakan bahwa pohon Eucaliptus atau pohon pelangi atau sebagian orang juga menyebutnya dengan nama pohon loreng. Keindahan warna-warni pohon ini bisa dilihat jika batang pohonyya tumbuh dengan diameter yang besar, jika batangya masih kecil maka yang nampak hanya loreng saja,

Arthur pun menerangkan bahwa pohon unik ini sudah banyak yang tumbuh di area PT DAHANA (Persero)  yaitu di halaman pintu masuk area unit Nursery dan juga di depan halam Kampus PT DAHANA.

“Pohon Eucaliptus yang saat ini tumbuh di area Nursery tingginya sudah mencapai kisaran 10 meter,” terang Arthur kepada Dfile. Selasa (14/4)
Agar pohon ini di kenal oleh publik khususnya masyarakat Kabupaten Subang, PT DAHANA menyerahkan puluhan bibit pohon pelangi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Subang melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) Subang.

“Ini pohon unik, bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk masyarakat Subang, karenanya kami memberikan 30 bibit Eucaliptus yang tingginya 60 Cm untuk ditanam di taman, halaman atau hutan kota di Subang,” jelas Arthur. (SYA)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888