Pages

Monday, February 23, 2015

Jangan Pernah Berhenti Belajar



Oleh: Dadan Munawar, Manajer Hubungan Pelanggan Wilayah Kalsel

Mungkin kita semua pernah mendengar sebuah ungkapan yang berbunyi, "Learning is never ending adventures" yang artinya, pembelajaran adalah proses petualangan yang tiada akhirnya. Lalu, jika dikaitkan dengan bisnis dan operasional suatu perusahaan, apa arti ungkapan ini?


Dalam perspektif pribadi saya dapat diartikan, sekalipun pesaing tidak aktif, jangan hanya menunggu atau berdiam diri saja. Walaupun pesaing sedang melemah, tidak boleh kehilangan kewaspadaan atau berhenti memperkuat pertahanan diri kita. Jangan hanya menunggu pesaing bergerak aktif baru kemudian kita mulai berbenah. Sebab terlambat berbenah berarti kalah dalam persaingan!  Hal ini kami rasakan sekali di Adaro Project, dimana persaingan begitu ketat menuntut kami (team Dahana) untuk selalu aktif berbenah.

Jika dihubungkan dengan bidang bisnis dan operasional Dahana, kita pun harus terus menjaga diri dan terus meningkatkan kewaspadaan. Bagaimana caranya? Caranya yaitu dengan meningkatkan kekuatan dan kemampuan kita melalui proses pembelajaran yang terus-menerus. Berikutnya, selalu mengamati dan menganalisis perkembangan situasi pasar yang makin kompetitif.

Implementasinya di internal perusahaan adalah dengan meningkatkan kemampuan para personil staf Dahana melalui pelatihan-pelatihan di bidangnya masing-masing. Baik itu pelatihan yang sifatnya mendongkrak professional skill mereka maupun pelatihan untuk manajemen dan pengembangan diri.

Lainnya adalah dengan mengembangkan budaya kerja Dahana yang sudah ada agar terkoordinasi dengan baik, profesional, produktif, serta memiliki disiplin yang sangat tinggi. Yang harus menjadi perhatian bersama adalah pengembangan visi dan misi Dahana yang jauh ke depan, karena pada tahap inilah para leader (pemimpin) di Dahana sangat besar peranannya dalam menggerakkan roda perusahaan pada arah dan tujuan yang sama.

Melalui proses pembelajaran ini, biasanya kita bisa lebih dalam mengevaluasi dan memperbaiki diri. Mengetahui titik-titik kelemahan maupun kekuatan perusahaan kita. Kita juga akan mengetahui divisi mana yang kuat atau lemah SDM-nya dan bagaimana memperbaikinya. Kita bisa tahu apakah perusahaan telah terjadi pemborosan sumber daya dan bagaimana menambalnya. Kita bisa tahu apakah target-target perusahaan bisa diraih dengan cara yang efektif dan efesien, atau sebaliknya justru melenceng dari sasaran. Kita juga bisa tahu apakah budaya dan etos kerja diperusahaan itu sehat dan mendukung diperolehnya profit maksimal, atau justru sebaliknya tercipta budaya kerja yang boros dan tidak produktif.

Pada prinsipnya, apa pun bisnis atau bidang perusahaan kita, pasti akan selalu atau sudah ada pesaing (kompetitor). Hal ini justru baik sekali, karena adanya pesaing akan membuat kita selalu untuk terus belajar, terus berfikir, terus berimprovisasi dan berinovasi, terus berbenah, terus memperbaiki diri dan terus waspada akan perubahan apapun sehingga selalu up to date terhadap persaingan. Percayalah jika suatu keberhasilan diperoleh tanpa proses persaingan akan sangat terasa berbeda ketika kita mencapai keberhasilan tersebut melalui sebuah perjuangan dan proses persaingan yang ketat.
Nikmatilah puncak suatu keberhasilan dengan tidak mengurangi kewaspadaan sedikit pun juga, dengan tidak berhenti belajar, dan dengan tidak berhenti memperbaiki diri. Hanya dengan cara demikian bisnis dan operasional Dahana akan tetap eksis ditengah segala medan persaingan, ditengah gempuran dan hegemoni para kompetitor asing yang terlihat begitu perkasa. Insyaallah dengan tempaan proses persaingan yang ketat ini kelak akan melahirkan generasi penerus Dahana yang tangguh, berkarakter kuat dan memiliki kompetensi skill yang tinggi dibidangnya.

Jadi, khususnya untuk generasi penerus Dahana kedepan, never stop exploring! and never stop to learning!

Salam hangat dari Tanjung Tabalong, Kalimantan Selatan.

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888