Pages

Wednesday, February 11, 2015

DBBI Kesehatan



“Ngepel dan Nyuci Pengganti Olahraga”

Ada yang beda dari forum diskusi karyawan PT DAHANA (Persero). Tidak seperti biasanya forum yang bernama Duduk Bersama Berbagi Ilmu (DBBI), pada Rabu 4 Februari 2015 digelar pada jam prime time yakni jam 10 pagi. Sebagaimana diketahui, DBBI ini biasanya dilaksanakan pada jam siang yaitu sekitar jam dua siang sampai dengan sore hari menjelang jam pulang kerja.


Tidak hanya soal waktu, DBBI pada hari itupun pematerinya bukan dari kalangan karyawan Dahana, kali ini penyaji materi adalah seorang dokter wanita yang memaparkan tentang kesehatan. Dialah dr. Sofi dokter yang biasa bertugas di Klinik Lab Kimia Farma. Lab yang pada awal Januari kemarin menangani karyawan Dahana dalam Medical Check Up (MCU).

Dalam paparannya, dr. Sofi menjelaskan tentang fungsi dan manfaat MCU dan jenis-jenis pemeriksaan yang telah dilakukan oleh karyawan Dahana.
“MCU adalah upaya untuk menditeksi kesehatan sejak dini, agar kita bisa melakukan pencegahan dan pengobatan terhadap sakit yang diderita oleh kita,” terang dr. Sofi dalam presentasinya.
Diskusi kali cukup menarik peserta yang hadir, mereka yang hadir dan duduk bersama di Class Room, Gedung Diklat Dahana, rata-rata membawa kertas hasil MCU dan menanyakan langsung pada dokter tentang hasil pemeriksaannya.

Salah seorang peserta diskusi mengeluhkan hasil tesnya karena divonis TG-nya tinggi dan dianjurkan tidak makan gorengan, “Dok, saya dilarang makan gorengan nih, padahal itu makanan kesukaan, mungkin ada upaya lain gak dok?, “ tanyanya.

Dokter sofi menyarankan bagi yang hasil tes darah LDL nya tinggi untuk mengurangi makanan yang mengandung kolestrol jenuh, seperti gorengan atau seafood. Dan disarankan untuk berolahraga.
“Kolestrol itu pada dasarnya tidak berbahaya, namun yang perlu diperhatikan adalah resiko penyakitnya yakni kardiovaskular. Karena gaya hidup yang tidak sehat. Oleh karenanya bagi pekerja kantoran yang terbiasa duduk lama, harus dibiasakan untuk olahraga.” Terang dr. Sofi
Selain itu, dokterpun memberikan saran kalau malas olahraga nge-Gym atau lari, kita bisa berolahraga dirumah saja dengan melakukan pekerjaan rumah, semisal ngepel lantai atau menyuci tapi dengan catatan waktunya 30 menit tanpa beristirahat.

“Yang penting tubuh harus melakukan pembakaran lemak dan berkeringat, bapak-bapak bisa coba lakukan aktifitas ngepel atau cuci piring itu, minimal dua hari dalam seminggu. Selain jadi sehat, bapak juga bakal disayang istri tuch,” gurau bu dokter. (sya)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888