Pages

Thursday, November 20, 2014

Dislitbang AD Sepakat Kembangkan Iptek Bahan Peledak Pertahanan



PT DAHANA (Persero) dan Dislitbang TNI AD sepakat mengembangkan bahan peledak pertahanan bersama-sama.  Kesepakatan tersebut tertuang dalam Nota Kesepahaman (MoU) yang ditandatangani oleh Direktur Utama PT DAHANA (Persero) F. Harry Sampurno dan Kadislitbang TNI AD Brigjen TNI Rudiono Edi S  di Mabes TNI Angkatan Darat Jakarta pada 19 Nopember 2014.


Nota kesepahaman ini ditandatangani dihadapan peserta Seminar Litbanghan TNI AD Tahun 2014.  Nota kesepahaman ini meliputi kerjasama bidang pengkajian, penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bahan peledak guna mendukung pertahanan.  

Dalam sambutan tertulisnya, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Gatot Nurmantyo berharap dengan kerjasama ini akan meningkatkan kemampuan personil litbang kedua belah pihak melalui sharing pengetahuan dan pengalaman sehingga dihasilkan kualitas teknologi persenjataan dan peralatan pertahanan yang semakin canggih, sesuai perkembangan terkini. 

“Sebagaimana diketahui bersama, perkembangan iptek terus mengalami kemajuan, ancaman ke depan tidak lagi terbatas pada traditional threat, tetapi telah berkembang menjadi non traditional threat, termasuk didalamnya cyber threat dan hybrid threat,” terang Gatot Nurmantyo.

Sementara itu, bagi PT DAHANA (Persero), kerjasama seperti ini bukan hal baru.  Produk-produk bahan peledak DAHANA telah lama dan sering digunakan oleh TNI, terutama dalam latihan atau pun misi sosial pembangunan.

“Produk Dayagel merupakan salah satu yang paling sering digunakan oleh TNI AD.  Bahan peledak jenis cartridge emulsion ini biasa digunakan dalam latihan atau pun misi penghancuran bukit, membangun jalan dan lain-lain,” terang F. Harry Sampurno, Direktur Utama PT DAHANA (Persero).

Masih menurut Harry, DAHANA juga saat ini telah berhasil mengembangkan dan memproduksi bom plastik dengan label Dayagel Sivor.

“Malahan untuk produk Dayagel Sivor sudah kita ekspor ke Timor Leste,” lanjut Harry Sampurno.

Selain bahan peledak militer tersebut, DAHANA sedang menyiapkan beberapa produk bahan peledak militer lainnya seperti Bomb P 100 Live untuk pesawat Sukhoy, Blast Effect Bomb untuk latihan, Propelan untuk munisi roket dan peluru, TNT dan bahan peledak lainnya.

“Kami telah memiliki Energetic Material Center sebagai pusat penelitian, pengembangan dan produksi bahan berenergi tinggi.  Dengan begitu, kebutuhan bahan berenergi tinggi tidak lagi impor untuk ke depannya,” pungkas Harry Sampurno. (jjs)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888