Pages

Thursday, November 6, 2014

Belajar Terus, Terus Belajar



Oleh: Ogi Nugraha, Auditor Operasional


“ Mulailah dengan mencintai pekerjaan kita juga perusahaan tempat kita bekerja “

Awalnya saya tidak bermaksud  menuliskan perjalanan karir saya di “DAHANA  tercinta ini.  Karena saya menyadari keterbatasan saya dalam berkata-kata dan menuangkannya ke dalam sebuah tulisan.  Tapi apalah daya, ‘D-File’ tercinta kita ini membuat saya memberanikan diri untuk sekedar berbagi pengalaman.


Mulanya saya baru tersadar ketika setahun yang lalu saya menerima penghargaan  “pin emas” dari PT DAHANA (Persero). Tak terasa,  ternyata sudah 20 (dua puluh) tahun saya mengabdi di DAHANA.

Perjalanan Panjang  saya ini dimulai ketika  diterima di DAHANA pada 1993, setelah sebelumnya saya menggantungkan hidup di beberapa kota dengan berpindah–pindah pekerjaan. Tetapi Kota Tasikmalaya ternyata yang membuat saya tidak berpindah ke  lain kota. Suasana dan kondisi geografislah yang membuat saya tidak mau berpindah-pindah lagi selain karena sudah terlanjur mencintai “ DAHANA”.

Mulailah saya menjajal pengalaman bekerja pada perusahaan ini di unit kerja yang sesuai dengan pendidikan saya. Beberapa kali dipindah tugaskan ke bagian yang belum pernah dikuasai sebelumnya.   Tetapi berkat kemauan keras dan semangat untuk menjadi bisa dan dibarengi dengan keinginan serta tekad ingin memajukan perusahaan ini, akhirnya saya melaluinya dengan sabar dan menjalankan tugas dan tanggung jawab yang saya emban.

Pada 2003, ada perubahan baru  dalam kehidupan karir saya ketika pertama kalinya mengikuti Raker penjabaran RKAP 2003.  Saat itu, DAHANA mulai dengan “Peningkatan  Kinerja Perusahaan dengan Reposisi Bisnis“.  

Sungguh  hal ini merupakan  pengalaman berharga bagi saya selama bekerja di perusahaan tercinta ini.  Saya merasa secara langsung dilibatkan dalam program tahunan pencapaian target perusahaan. Semangat membangun perusahaan menjadi perusahaan terdepan dalam penguasaan teknologi Energetic Material, membuat  saya bersemangat untuk berbuat sesuatu demi kemajuan DAHANA.

Beberapa kali pula saya sempat dipindah tugaskan ke beberapa kota, saya menjalankan tugas semua itu dengan senang hati dan kebanggaan tersendiri.  Kapan lagi saya bisa melanglang ke berbagai pulau di Indonesia.  Pulau Karimun dan Kota Malang, adalah tempat dimana saya pernah mengukir pengalaman kerja di sana.

Sangat banyak manfaat bagi diri saya dengan pengalihan tugas seperti itu.  Saya bisa mandiri dan bisa bertindak tegas karena tanggung jawab yang diberikan perusahaan, sehingga dari sini saya menyimpulkan bahwa “ Proses kemandirian bisa ditingkatkan dengan memberian variasi tugas“.

Rasa ingin belajar dan terus belajar muncul dengan sendirinya, rasa cinta dan memiliki perusahaan semakin tumbuh karena lebih bisa mengenal proses bisnis DAHANA.  Kunci dari semua pengalaman berkarir di DAHANA  adalah “ Mulailah dengan mencintai pekerjaan kita juga perusahaan tempat kita bekerja “.  Insya Allah semangat untuk menjadi bisa akan dengan sendirinya muncul, tidak ada yang tidak mungkin selagi kita mau berusaha dan belajar untuk bisa mengoptimalkan mutu dan kualitas kerja kita.

Terakhir, kini saya berada di Satuan Pengawas Intern, dimana saya dituntut banyak belajar dan belajar. Semoga Satuan Pengawas Intern (SPI) memberi berkah tersendiri bagi saya khususnya. ‘Semangat terus dan berjuang terus’ itulah moto hidup saya, dimanapun saya berada rasa cinta saya terhadap perusahaan ini takkan mudah luntur.

Saya ingin mengakhiri tulisan saya dengan kesimpulan:
  • Jangan pernah berhenti untuk belajar dan belajar.
  • Nikmatilah hidup dengan penuh rasa Syukur.
  • Cintailah pekerjaan ini seperti kita mencintai diri kita sendiri.
  • Terus semangat untuk bekerja dan bekerja.

Terima kasih juga kepada teman-teman semua yang selalu memberikan dorongan, semangat, dan motivasinya. Maju terus bersama “Dahana “ tercinta…!

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888