Pages

Thursday, October 30, 2014

Jalan Mencapai Kesuksesan

Oleh: Wisnu Setyoaji
Manajer Hubungan Pelanggan Area Karimun
Divisi Kuari & Konstruksi

Tapi pilihannya hanya to survive atau to give up. Dan saya memilih survive!

Apakah anda sudah sukses? Atau apakah saya yang membuat tulisan ini sudah sukses?   Arthur Ashe, seorang petenis, dan aktivis mengatakan “success is a journey, not a destination”,
kesuksesan itu bukan tujuan melainkan sebuah perjalanan. Seringkali yang kita jadikan standar kesuksesan adalah kepuasan saat mencapai target atau sasaran pribadi maupun organisasi, padahal dibalik semuanya kesuksesan itu adalah tiap langkah maju yang kita lakukan saat mencapai target tersebut. Tidak akan ada akhir untuk sebuah kepuasan. Semakin tinggi pencapaian akan semakin tinggi target yang di set up untuk perjalanan selanjutnya.


Pengalaman di lapangan mengajarkan banyak hal pada diri saya. Setiap site project memiliki tantangannya sendiri-sendiri dan target masing-masing. Tidak jarang saya kebingungan saat ditempatkan disuatu tempat baru dengan segala keterbatasan. Tapi pilihannya hanya to survive atau to give up. Dan saya memilih survive.
Start where you are, Use what you have, Do what you can, adalah kalimat bijak lain dari Arthur Ashe yang tidak sengaja saya baca dari salah satu artikel yang menjadi motivasi saya untuk survive.

Start where you are
Untuk memulai suatu perjalanan, saya tidak harus berada pada suatu titik tertentu. Saya bisa mulai dari manapun saya berada. Kalimat ini membuat semua alasan seperti “saya harus bla bla bla dulu baru saya bisa bla bla bla...” atau sejenisnya tidak lagi menghalangi saya untuk berusaha.
A great journey starts with a small steps. Mulailah melangkah, mulailah berusaha dan akan selalu ada hasilnya. Sometimes you win, sometimes you learn. Terkadang usaha kita membuahkan hasil yang diharapkan tapi terkadang kita harus belajar. Belajar dari kegagalan, belajar untuk melakukan lebih baik, dan belajar untuk percaya bahwa akhirnya Tuhan yang menentukan. Dan ketentuan tuhan tidak pernah buruk.

Use what you have
Membaca kalimat ini yang pertama terbayang oleh saya adalah Mc. Gyver. Seorang tokoh dalam sebuah serial lama yang bisa menggunakan barang-barang disekitarnya menjadi senjata atau benda yang dia inginkan dengan keahlian fisika dan kimia yang dia miliki.
Persis seperti Mc Gyver, kita harus bisa menggunakan apa yang kita miliki untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan. Gunakan segala kemampuan kita, gunakan kreativitas, dan berimprovisasilah agar apapun yang ada pada kita menjadi sesuatu yang bermanfaat memberikan nilai tambah baik bagi diri sendiri maupun orang lain dalam perjalanan kesuksesan.

Do what you can
Seringkali, saat berada di tempat baru, harus menghadapi orang-orang baru dengan permasalahan yang baru pula membuat saya merasa stuck, bingung harus melakukan apa. Mungkin banyak juga teman-teman yang merasakannya terutama bagi teman-teman di lapangan ketika harus memulai suatu proyek baru. Seringkali, kita merasa “sepertinya saya gak bisa deh...”. tapi menyerah itu bukan opsi buat saya. We’ve got to move on. Lakukan apa yang kamu bisa dengan segala kemampuan yang ada. Jangan biarkan hal yang tidak bisa kita lakukan menghalangi kita dari hal-hal yang bisa kita lakukan.


Jadi, jangan berhenti. Teruslah bergerak, teruslah berubah, karena berhenti berarti mati. Mulailah dimanapun kita berada saat ini, gunakan segala yang kita punya, dan lakukan apa saja yang kita bisa. Fokus pada tujuan, bukan masalah. Dan kita pelan-pelan ternyata telah meniti kesuksesan itu.
Selamat bekerja, selamat berkaya, semoga dahana makin jaya.

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888