Pages

Monday, October 27, 2014

Meningkatkan Profesionalisme Pengawasan Internal




Oleh: Junia Mardiani, Auditor Keuangan

Intinya,  Entry ke SAP harus setiap hari dilakukan sehingga tutup buku per bulan dapat dilakukan tepat waktu.

Tidak ada profesi yang tidak professional. Kata “profesional” memang bagai sebuah bayangan yang melekat pada setiap profesi yang ada di dunia. Sebuah profesi tidak akan mendapat pengakuan dari lingkungannya jika para penyandang profesi tersebut tidak dapat menegakan nilai-nilai profesionalisme.

Untuk mempertahankan dan memperluas kepercayaan, pemeriksa harus melaksanakan seluruh tanggung jawab profesionalismenya dengan derajat integritas yang tertinggi. Pemeriksa harus profesional, objektif, berdasarkan fakta, dan tidak berpihak.
           
            Profesional adalah seorang yang memiliki kompetensi dalam suatu pekerjaan tertentu dan harus mampu menguasai ilmu pengetahuan secara mendalam serta mampu melakukan kreativitas dan inovasi atas bidang yang digelutinya serta mampu berfikir positip dengan menjunjung tinggi etika dan integritas profesi.

            Seorang pengawas internal harus memiliki pengetahuan yang cukup untuk mengidentifikasikan indikasi kecurangan (fraund), harus menerapkan kepedulian dan memiliki keterampilan sebagai pangawas internal yang kompeten dan hati-hati, selain itu harus mengasah pengetahuan, keterampilan dan kompetensi lainnya .

            Untuk menjadikan semua itu haruslah ada dukungan dari semua pihak agar terlaksananya pemeriksaaan yang diharapkan.  Pada saat Saya dipindahkan ke SPI, waktu itu sedang ada pemeriksaan dari BPK dimana SPI sebagai Counterpartnya.  Mulai dari situ banyak sekali pelajaran  yang saya dapatkan, berdasarkan data yang diminta dan teknik pemeriksaan melalui program kerjanya sesuai jadual pemeriksaan. Menurut pengamatan saya mereka bekerja sangat professional, cepat, tepat waktu.

            SPI  merupakan counterpartnya Audit ekternal.  Pengalaman Saya selanjutnya pada saat Audit Laporan keuangan Tutup Buku. Tentunya kendala yang dihadapi ada, banyaknya keterkaitan dari persiapan data yang harus segera disampaikan belum seluruhnya tersedia.  Untuk pemenuhan data tersebut harus berkoordinasi dengan seluruh bagian yang terkait. Adakalanya mungkin bagian yang kami kunjungi merasa terus ditagih secara terus menerus sedangkan kami sebagai counterpart harus tepat menyampaikan data kepada audit sesuai jadwal yang telah ditetapkan sesuai kontrak.

            Dari pengalaman tersebut saya menarik beberapa kesimpulan. Persiapan audit Tutup Buku selanjutnya, untuk mendukung percepatan harus dilakukan monitoring kepada unit terkait seperti seluruh Divisi, Logistik, Akuntansi, Pengelolaan Aset antara lain harus selalu update memasukan datanya melalui SAP.

            Kepada rekan-rekan Divisi yang mempunyai Site dan terdapat gudang persediaan diharapkan dapat segera menyampaikan mutasi laporannya dan meng-entry-nya langsung ke SAP.  Dengan dukungan semua pihak, proses Audit Laporan Keuangan tahun ini akan berjalan dengan lancar dan tepat waktu. Intinya  Entry ke SAP harus setiap hari dilakukan sehingga tutup buku per bulan dapat dilakukan tepat waktu.

            Sebagai penutup, untuk kelancaran fungsi pengawasan akan dilakukan Evaluasi Pengendalian Intern di PT Dahana secara berkala. (*)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888