Pages

Monday, September 1, 2014

DAHANA Mendukung Kemajuan Alutsista Negara



Direktur Utama PT DAHANA (Persero) F. Harry Sampurno memberikan pembekalan dihadapan Pasis Dikreg LII Seskoad di Bandung (18/08).  Pembekalan ini merupakan bagian pendahuluan dari kegiatan KKL Widya Wisata yang dilaksanakan pada 28 Agustus 2014 di Subang Jawa Barat.


Dalam paparannya, Harry mengupas tema tentang Kuovadis Pengelolaan BUMN Industri Strategis.  Berbekal pengalamannya mengelola BUMN, Harry bercerita banyak tentang pasang surut Industri Strategis Indonesia sejak kelahirannya sampai saat ini.  Hal ini sejalan dengan tema besar KKL Widya Wisata yang mengangkat tema peran industri strategis dalam mendukung kemajuan alutsista negara.

Pada 28 Agustus 2014,  para siswa Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Sesko AD) mengunjungi Energetic Material Center (EMC) yang terletak di Subang Jawa Barat. Perwira Siswa (Pasis) yang berjumlah 172 orang itu disambut langsung oleh Susilo Hertanto, Direktur Keuangan & SDM PT DAHANA (Persero).

Wakil Komandan Sesko AD Brigjen Pratimun mengatakan bahwa kehadiran Pasis ke Dahana semata-mata untuk mendapat gambaran langsung kondisi Dahana dan mempelajari tentang perkembangan proses bisnis Dahana saat sekarang dan yang akan datang.

“Selain siswa TNI, ada 8 tentara luar negeri yang saat ini mengikuti proses pendidikan di Sesko AD, mereka berasal dari Thailand, Filipina, Malaysia, Pakistan, Singapura, Australia, dan Amerika,” terang Pratimun.

Untuk memenuhi harapan Pasis yang ingin mengenal Dahana,  Kepala EMC Pudji Suprapto memaparkan proses bisnis Dahana. Selesai memberikan materi, Pudji pun dihujani pertanyaan oleh Pasis mulai dari seputar bisnis, perkembangan teknologi dan juga sistem keamanan.

“Dahana memiliki sivor namun berbeda dengan C4 yang biasa digunakan oleh TNI.  Sivor yang dibuat oleh Dahana  berbahan baku emulsion yang biasa digunakan untuk bahan peledak Dayagel namun memiliki kemampuan seperti C4. Sivor ini merupakan hasil riset dan inovasi kita untuk memanfaatkan bahan baku yang ada untuk keperluan militer,” terang Pudji menjawab pertanyaan salah satu Pasis.

Sejauh ini, Dahana  telah memproduksi beberapa produk untuk keperluan militer yaitu, dayagel militer, Dayagel Sivor, Squib Detonator, Detonator Granat,  Bomb P100L,  dan turut serta dalam pengembangan bom latih Blast Efect Bomb dan Roket RHAN 122. Selain itu, ke depan Dahana akan mengembangkan Shapped Carges untuk keperluan senjata anti tank dan membangun pabrik propellant.

Kunjungan seperti Widyawisata  dan kunjungan lainnya ke Energetic Material Center ini menjadi jalan panjang bagi Dahana untuk terus mengajak semua stakeholder agar mencintai dan menggunakan produk dalam negeri.  Seperti motto PT DAHANA (Persero), Serving The Nation Better. (*)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888