Pages

Friday, September 19, 2014

Bahan Peledak Dahana Taklukkan Ore Seruyung

Kalimantan bukanlah medan yang asing untuk kegiatan operasi PT DAHANA (Persero).  Setelah menancapkan banyak kuku operasi peledakan di Pulau Borneo untuk pertambangan, baru-baru ini DAHANA mengibarkan benderanya di Seruyung Kalimantan Utara.


Adalah Divisi Tambang Umum 1 membuka operasi di Site J-Rosources yang terletak di Seruyung, Kecamatan Sebuku, Nunukan Kalimantan Utara.   Material tambang yang terkandung di site ini berjenis batuan ore yang mengandung emas.

“Layanan Dahana di sini berupa full product.  Mulai dari bahan peledak primer sampai dengan aksesorisnya,” ujar David Maulana, Site Koordinator Project Seruyung.
Menurutnya, di site ini Dahana menggunakan produk pentolite booster Dayaprime 200 gr untuk perimeter blast dan 400 gr untuk production blast (ore & waste).   Bahan peledak dan aksesoris (Blasting Initiation) yang digunakan seratus persen produk DAHANA yang didukung dengan fasilitas Mini OSP.

Penunjukkan DAHANA sebagai kontraktor peledakan di site ini tidak lepas dari kepercayaan konsumen terhadap kinerja DAHANA di site lainnya.   Sebagaimana diketahui, DAHANA juga mengerjakan beberapa site bersama dengan J-Rosources.
Sementara itu Herry Sudaryanto, GM Divisi Tambang Umum 1 meyakini bahwa kepercayaan ini didapat dari hasil kerja keras dan kerja sama tim yang solid.
“Kita beroperasi di site ini pada November 2013.  Awalnya hanya menggunakan beberapa produk DAHANA saja. Tetapi setelah melihat kerja tim yang baik, PT Sago Prima Pratama (owner), memakai semua produk kami,” tuturnya.

Dengan memakai semua produk DAHANA diharapkan hasil peledakan dan jumlah produksi emas di Site Seruyung akan meningkat.   Sebagai informasi, produksi emas dari site Seruyung pada 2013 mencapai 60.000 troy ounce per tahun (setara 150 kg per bulan). Selain itu, kualitas emas di Seruyung dinilai sangat baik dan telah memenuhi syarat untuk diolah dalam jangka waktu 5-10 tahun ke depan.
"Kualitas emas di Seruyung bagus, yakni 1 ton batu mengandung 2,8 gram emas. Di tempat lain, 1 ton batu hanya 0,8 gram emas," ungkap David Maulana. Sebelumnya, pada Januari lalu telah dilakukan uji coba pada lahan seluas 25 hektar dengan kandungan emas sekitar 300.000 troy ons atau 9.450.000 gram (1 troy ons sekitar 31,5 gram) yang telah siap dieksploitasi saat ini.
Metode yang digunakan untuk pengolahan emas ditambang ini dengan metode leaching. Metode ini tentu saja lebih bersahabat dengan lingkungan.

On Site Plant Untuk Meningkatkan Service Level

Kendati telah menguasai layanan di Site Seruyung, PT DAHANA (Persero) beranggapan bahwa masih ada tantangan yang harus diraih untuk memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen.
“Kami masih belum puas, kami akan berupaya meningkatkan kinerja tahun lalu.  Tantangan ke depan kami ingin mencapai fragmentasi hasil peledakan ore melebihi ekspektasi konsumen,” ujar Bambang Agung, Direktur Operasi PT DAHANA (Persero).
Menurutnya, target DAHANA di Seruyung adalah menaikkan service level di mata konsumen.  Hal ini sebagai bentuk layanan prima sehingga berpeluang mendapatkan project tambang emas lainnya.
Untuk meningkatkan service level tersebut, DAHANA menghadirkan On Site Plant (OSP) di site ini.  Menurutnya, kehadiran OSP di site ini bentuk keseriusan DAHANA untuk mengejar target yang telah ditetapkan, baik oleh konsumen maupun oleh DAHANA.

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888