Pages

Tuesday, November 19, 2013

Inovasi, Titik Balik DAHANA di Usia 47 Tahun

Tentu semua orang mengeal Microsoft Inc. Perusahaan perangkat lunak terbesar dunia yang didirikan Bill Gates. Sistem operasi yang diproduksinya dipakai oleh lebih dari 80 persen perangkat komputer yang digunakan di seluruh dunia. Windows, begitu sistem operasi akrab dikenal, hanya memiliki segelintir pesaing di planet bumi tempat kita tinggal. Namun, bagaimana perusahaan yang bermarkas di Sillicon Valley ini bisa mencapai keuntungan penjualan mencapai milyaran dollar setiap tahunnya?


Bila bertanya pada Bill Gates, jawabanya kesuksesan Microsoft akan mengerucut pada inovasi perusahaan.  Perusahaan pencipta Microsoft Office ini mengalokasikan hampir 30 persen keuntunganya untuk pengembangan riset produk. Jauh lebih besar dari perusahaan-perusahaan teknologi lainnya. Hasilnya sepadan?  Microsoft menjadi salah satu perusahaan dengan hak paten teknologi paling banyak di dunia.

Bill Gates mengibaratkan, saat perusahaannya mengenalkan sistem operasi Windows 10, Microsoft sebenarnya sudah menciptakan, dan menyimpan sistem operasi Windows 12, Windows 15, bahkan Windows 20 yang mungkin baru dikenalkannya 10 tahun kemudian.  Namun, tentu Microsoft tak asal menciptakan software berharga milyaran dollar tersebut. Microsoft melihat peluang pasar di masa mendatang akan kebutuhan sistem operasi yang cocok dan diterima pengguna komputer di masa mendatang. Jauh sebelum ada permintaan, jauh sebelum ada kebutuhan.

Hukum inovasi yang sama berlaku juga bagi industri bahan peledak. Produk bahan peledak sarat dengan pengembangan teknologi. Inovasi di bidang bahan berenergi tinggi tidak menunggu permintaan, melainkan inovasi yang menciptakan peluang dan membuka pasar. PT DAHANA (Persero), sebagai pemain industri handak telah melakukan hal tersebut. Perusahaan berinovasi dengan melihat kebutuhan konsumen di masa mendatang.

Dari inovasi pula, perusahaan mencapai titik balik kemajuan pesat perusahaan. Sebelum tahun 1999, DAHANA bisa dikatakan hanya sebagai penjual bahan peledak.  Riset perusahaan dilarang pemerintah sejak musibah meledaknya pabrik tahun 1976. Tanpa riset yang dilakukan, perusahaan tertinggal jauh saat kompetitor handak dari luar diizinkan masuk oleh pemerintah. Tanpa inovasi yang dilakukan, mustahil DAHANA bisa merambah bisnis jasa peledakan dan bersaing dengan kompetitor, yang memiliki segudang pengalaman memproduksi dan menjual handak di level global.
Di usianya yang menginjak 47 tahun. Inovasi ditanamkan pada budaya perusahaan. Produk-produk inovasi yang telah dipatenkan menjadi modal berharga DAHANA bertarung di bisnis handak komersial. Prestasi pun silih berganti mampir di BUMN berlogo bintang tersebut. Untuk selanjutnya, inovasi perusahaan tak hanya diarahkan untuk menjaga bisnis perusahaan, namun juga berkontribusi menjaga kemandirian dan pertahanan bangsa.

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888